Silaturahmi Ramadhan SIP Angkatan 48 di Jayapura




JAYAPURA - Sekolah Inspektur Polisi (SIP) angkatan 48 Polda Papua Resimen Wira Tanggon Adhisatya (WTA) gelar buka puasa bersama guna mempererat tali persaudaraan di wilayah tugas ibukota provinsi Papua, Minggu (17/4/2022).



"Ramadhan adalah bulan penuh berkah, dimana kaum muslimin melaksanakan ibadah puasa. Ini bukan sekedar soal makan bersama, tetapi di situ, terdapat nilai yang lebih luhur, seperti terjalinnya silaturrahmi yang sebelumnya kurang mendapat perhatian mengingat berbagai kesibukan yang seolah-olah tiada habisnya," kata Ketua WTA Polda Papua IPDA Tantu.


Ramadhan, kata Tantu, mengingatkan kembali akan kodrat manusia sebagai makhluk sosial untuk bersosialisasi dengan yang lain. Menurutnya, buka puasa bersama merupakan salah satu sunnah Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa memberi makan orang yang berbuka mendapat pahala seperti berpuasa.


"Inilah yang menjadi alasan banyak orang memberi makanan untuk berbuka. Ada banyak bentuk tradisi berbuka. Seperti hal nya kali ini kami comunity WTA Polda Papua yang bermukim di Jayapura kumpul bersama sembari menunggu buka puasa dilanjutkan dengan ibadah shalat Magrib berjamaah," ujarnya.


Seusai shalat berjamaah, ia bersama rekannya makan bersama sembari bertukar pikiran tentang hal kebaikan yang dapat memotivasi untuk kemajuan dalam bertugas menegakkan hukum di Tanah Papua, maupun saling berbagi ilmu pengetahuan tentang kehidupan sosial kemasyarakatan.


"Tradisi yang baik ini, seharusnya menjadi awal memupuk kesalehan sosial dengan tetap menjaga silaturrahmi dan berbagi. Sesungguhnya silaturrahmi menambah umur dan memperbanyak rezeki," kata Tantu.


kegiatan tersebut tak hanya menjadi sarana untuk bertemu, melainkan saling mengetahui masing-masing kabar seperti kabar keluarga, kesehatan, karier, atau persoalan keseharian yang dihadapi masing-masing pihak. Tak jarang, dari pertemuan ini, lahir kerjasama atau kesepakatan-kesepakatan yang membawa manfaat.

Silaturahmi Ramadhan SIP Angkatan 48 di Jayapura  Silaturahmi Ramadhan SIP Angkatan 48 di Jayapura Reviewed by kukukbelukcom on April 18, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar