258 Hewan Ternak Milik Warga Desa Selokgondang Mendapatkan Pemeriksaan Kesehatan secara Rutin

 



Lumajang, Pendim 0821 - Sebanyak 258 ekor hewan ternak sapi milik masyarakat Desa Selokgondang diperiksa kesehatannya oleh Petugas Puskeswan Senduro.


"Pemeriksaan ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari pemeriksaan sebelumnya. Dan, hari ini ada sekitar 10 ekor sapi yang berhasil diperiksa di Dusun Pohgunung," kata Babinsa Selokgondang Koramil 0821/02 Sukodono Serka Imam Khudori saat mengawal kegiatan pemeriksaan kesehatan hewan ternak di Dusun Pohgunung Desa Selokgondang Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang, Senin (11/7/2022).


Imam juga mengatakan, bahwa pemeriksaan tersebut bertujuan untuk mengetahui perkembangan terkini, mengenai kondisi kesehatan hewan ternak milik warga.


Lanjut dia, selain memeriksan kesehatan hewan ternak, para pemilik hewan ternak juga diberikan sosialisasi untuk mengantisipasi penularan PMK.


"Secara bertahap dan berkesinambungan, kegiatan ini kami lakukan bersama petugas dari dinas terkait, sehingga dapat menekan angka penyebaran PMK (penyakit mulut dan kuku, red)," ujar dia.


Imam menambahkan, bahwa sebelumnya ada sejumlah sapi yang terindikasi PMK, namun saat ini sudah berangsur baik.


"Ia berterima kasih, atas keterlibatan masyarakat yang cukup dirasa membantu dalam ketertiban proses penanganan, sehingga dampak - dampak atau kemungkinan - kemungkinan yang lain, bisa dicegah," imbuhhya.


Dalam kesempatan itu, Babinsa juga menungkapkan, bahwa sebagai aparatur kewilayahan, dirinya juga membuka ruang terbuka bagi masyarakat untuk menyampaikan hal - hal yang perlu ditindaklanjuti dengan cepat.


"Ini sifatnya kami mendampingi, tidak merubah fungsi petugas yang sudah sesuai tugas pokok dan fungsinya. Mendasari itu semua, kami sebagai pembina desa, membuka ruang interaksi dengan masyarakat, kapanpun diperlukan hubungi agar secepatnya bisa kami tindaklanjuti," tukasnya.


Ditegaskan, dihari selanjutnya, kegiatan serupa akan terus dilakukan, dengan menyesuaikan situasi dan perkembangan yang ada. (Pendim 0821)

258 Hewan Ternak Milik Warga Desa Selokgondang Mendapatkan Pemeriksaan Kesehatan secara Rutin 258 Hewan Ternak Milik Warga Desa Selokgondang Mendapatkan Pemeriksaan Kesehatan secara Rutin Reviewed by Abimanyu on Juli 11, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar