Terkini

recentposts

Sat Polairud Polres Gianyar Bantu Bangun Penangkaran Dukung Pelestarian Penyu



Gianyar. Tidak saja menjaga keamanan wilayah perairan di Kabupaten Gianyar, Satuan Polairud Polres Gianyar juga turut mendukung kelestarian alam dengan rutin melakukan bersih-bersih di pesisir pantai dan juga membantu komunitas relawan penyu. Salah satunya dengan memberikan bantuan bahan bangunan untuk membuat penangkaran penyu semipermanen.


Seperti yang diungkapkan Kasat Polairud Polres Gianyar, AKP I Wayan Antariksawan, Rabu (6/7/2022) saat mengunjungi penangkaran penyu yang dibangun oleh Komunitas Keweh Ngalih Demen di Pantai Siyut, Gianyar. Komunitas ini katanya, sesuai dengan pemantauan selama ini patut mendapat apresiasi karena telah secara sukarela dan aktif melakukan penyelamatan telur-telur penyu di Pantai Siyut. "Kami berikan bantuan berupa tembok batako di sekeliling tempat penangkaran, sehingga saat air pasang atau meluap ke darat tidak terendam oleh air laut," ungkap AKP Antariksawan.


Dengan dibangunnya tembok di sekitar penangkaran yang dibangun secara swadaya oleh Komunitas Keweh Ngalih Demen tersebut, telur-telur penyu besar harapannya untuk menetas lebih banyak. "Hari Jumat (8/7/2022) ini akan kita kerjakan, sebelumnya kita awali dengan bersih-bersih sepanjang pantai Siyut bergabung dengan Trash Hero," terangnya.


AKP Antariksawan juga mengajak masyarakat lain yang peduli dengan kelestarian alam terutama penyu turut membantu komunitas yang aktif melestarikan habitat penyu. Ia juga berharap dengan dukung dari Sat Polariud Polres Gianyar, dapat memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa kegiatan yang dilakukan oleh komunitas pemancing ini sangat positif. "Seperti yang kita ketahui, penyu adalah salah satu hewan yang dilindungi keberadaannya karena hampir punah. Kita sebagai masyarakat dan juga petugas harus mempunyai kontribusi sesuai dengan undang-undang. Setidaknya kami dari Sat Polairud Polres Gianyar mendukung komunitas ini turut melestarikan penyu," harapnya.  ***

Tidak ada komentar: