TMMD ke 114 Wujudkan Akselerasi Pembangunan Wilayah Demi Kesejahteraan Rakyat




Denpasar - Bertempat di Ruang Airlangga Makodam IX/Udayana, Denpasar, Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Harfendi, S.I.P., M.Sc., bersama para pejabat terkait mengikuti Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TMMD ke 114 Tahun Anggaran 2022 yang digelar secara virtual dan tersebar di seluruh Indonesia, pada Selasa (19/7/2022).


Mengawali Rakornis, Aster Kasad Mayjen TNI Karmin Suharna, S.I.P., M.A., dalam sambutannya yang dibacakan Waaster Kasad bidang Tahwil Komsos dan Bakti TNI, Brigjen TNI Junaedi, S.A.P., mengucapkan terima kasih kepada para undangan yang hadir dalam Rakornis TMMD ke 114 TA. 2022.


Selaku Pati Bidang Perencanaan PJO TMMD, Aster Kasad mengungkapkan bahwa Rakornis merupakan kegiatan awal pelaksanaan TMMD dengan tujuan untuk membahas dan mendiskusikan berbagai program yang disinergikan saat pelaksanaan TMMD ke 114 pada tanggal 26 Juli sampai dengan 24 Agustus 2022.


"Adapun temanya adalah 'TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI', yang bermakna pengabdian secara terintegrasi dalam mewujudkan akselerasi pembangunan di wilayah demi kesejahteraan masyarakat dan terdukungnya pertahanan darat yang tangguh, dengan hasil sasaran fisik berupa infrastruktur jalan, jembatan dan lainnya," jelas Aster Kasad.


Jika ditinjau dari hal tersebut, Mayjen TNI Karmin mengatakan bahwa hal ini sejalan dengan visi dan misi pemerintah yang berkaitan dengan pembangunan infrastruktur bersekala besar dan pembangunan SDM, sehingga hasilnya dapat dihubungkan menuju pembangunan infrastruktur bersekala besar sesuai program Pemerintah Pusat, dengan harapan dapat mengakselerasi pembangunan di daerah.


"Begitu pula dengan hasil non fisik TMMD yang akan meningkatkan pemahaman masyarakat akan kesadaran bela negara, kesehatan, pertanian, penyalahgunaan Narkoba dan paham Radikalisme. Ini pastinya sangat memberi manfaat dalam meningkatkan kualitas SDM yang ada di wilayah pelaksanaan TMMD terkhusus pada kategori wilayah Tertinggal, Terisolir dan Terpencil (3T)," ungkapnya.


Mengakhiri sambutannya, Aster Kasad juga menyampaikan bahwa program TMMD bukan semata pembangunan fisik bagi masyarakat desa, tetapi juga sebagai sarana membangun semangat dan percaya diri masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki serta kesiapsiagaan menghadapi setiap ancaman dan tantangan yang mungkin akan terjadi.


"Program TMMD merupakan salah satu solusi untuk menjawab aspirasi dan kebutuhan masyarakat saat ini. Dengan adanya TMMD, semua instansi lintas sektoral dapat bersinergi dalam membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah," demikian tandasnya.


Usai acara pembukaan Rakornis, acara dilanjutkan dengan penyampaian paparan-paparan dari Kementerian terkait, serta juga paparan tentang Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) TMMD ke 114 dari Dinas Penerangan Angkatan Darat (Dispenad) yang bertujuan untuk memperbesar publikasi kegiatan TMMD ke 114.


Lomba tersebut dikelompokan menjadi dua kategori, yaitu Kategori Dansatgas TMMD dan Kategori Wartawan. Dalam pelaksanaannya, masing-masing Kategori dibagi menjadi dua kategori media, yaitu Media Elektronik (3 juara) serta Media Online dan Cetak (3 juara). Sedangkan Kapendam dan Kapenrem berperan sebagai surpervisi publikasi pada kegiatan TMMD.


Hadir mendampingi Kasdam IX/Udayana diantaranya Kasrem 163/WSA, Aster Kasdam IX/Udayana, Kapendam IX/Udayana, Kasiter Kasrem 163/WSA, Dandim 1619/Tabanan, Sekda Kabupaten Tabanan, Ketua Komisi 1 DPRD Tabanan dan undangan lainnya. (Pendam IX/Udy)

TMMD ke 114 Wujudkan Akselerasi Pembangunan Wilayah Demi Kesejahteraan Rakyat TMMD ke 114 Wujudkan Akselerasi Pembangunan Wilayah Demi Kesejahteraan Rakyat Reviewed by PasJatim on Juli 19, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar