Terkini

recentposts

Upaya Forkopincam Sukawati Dalam Pencegahan Penyakit Mulut Dan Kuku ( PMK )



Gianyar - Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Sukawati bersinergi dengan Pemerintahan Desa dan Puskeswan setempat, melakukan upaya-upaya untuk mencegah penyakit Mulut dan Kuku pada hewan, Jumat 8 Juli 2022.


Forkompincam melakukan penyemprotan disinfektan di dua Desa yaitu Desa Batuan Kaler dan Desa Kemenuh Kecamatan Sukawati dengan menggunakan cairan herbal Eco enzym secara merata disetiap kandang sapi peternak setempat.


Camat Sukawati I Gusti Ngurah Udayadnya, S. IP. M.Si, secara bergantian dengan Kapolsek Sukawati Kompol I Made Ariawan P., S.H. dan perwakilan Danramil 1616-05 Sukawati Oleh Bhabinsa Desa Kemenuh dan Bhabinsa Desa Batuan Kaler melakukan penyemprotan Cairan herbal Eco enzym di dua kandang Peternak sapi /Simantri Banjar Sakah, Batuan Kaler berjumlah 25 ekor sapi dan Simantri Merta Sari Desa Kemenuh berjumlah 16 ekor Sapi.


Kapolsek Sukawati Kompol I Made Ariawan P., S.H. memberikan himbauan dan Sosialisasi agar peternak  sapi selalu menjaga kebersihan serta merawat kandang Sapinya dalam upaya pencegahan terjadinya wabah Penyakit Mulut dan Kuku ( PMK ), berkoordinasi dengan Petugas Lapangan UPTD Peternakan dalam upaya Pencegahan dengan Pemberian Obat, Suplemen/vitamin, Vaksinasi upaya pencegahan terinveksi Virus PMK, jelas Kapolsek.


Camat Sukawati I Gusti Ngurah Udayadnya, S. IP. M.Si, juga melakukan edukasi kelompok peternak sapi menegaskan sebagai berikut :

1. Agar Sapi yang sudah ada dikandang sekarang tidak melakukan kontak dengan sapi dari luar untuk menghindari terpapar dari penyakit PMK.

2. Agar tetap menjaga kebersihan kandang terutama kotoran yang sudah menumpuk agar di bersihkan.

3. Agar melapor apabila ada ditemukan hewan ternaknya terjangkit gejala Penyakit Mulut dan Kuku.

4.  Melaksanakan penyemprotan disinfektan secara berkala.


Kegaiatan berjalan aman dan lancar diharapkan kelompok peternak Sapi ikut berperan aktif dalam mencegah PMK dengan melakukan himbauan dan edukasi dari Pejabat setempat.***

Tidak ada komentar: