Inovasi Aplikasi Pelindung Rakyat, Kodam IX/Udayana Launching E-Praja Raksaka




Denpasar - E-Praja Raksaka merupakan inovasi aplikasi pelindung rakyat, sebagai penunjang tugas pokok Kodam IX/Udayana agar lebih maksimal, efektif dan efisien. Melalui aplikasi ini, Kodam IX/Udayana mengajak peran serta seluruh masyarakat untuk dapat melaporkan setiap kejadian yang berpotensi mengganggu atau mengancam keamanan dan kenyamanan.


Demikian disampaikan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., dalam sambutannya saat acara Launching Aplikasi E-Praja Raksaka yang dilaksanakan di Ruang Airlangga Makodam IX/Udayana, Denpasar, pada Rabu (17/8/2022).


Dikatakan Pangdam, bahwa aplikasi E-Praja Raksaka memiliki fitur laporan kegiatan Babinsa yang dipergunakan untuk mendokumentasikan setiap kegiatan yang telah dilaksanakan. Fitur tersebut juga mengajak serta 'Sobat Karib' atau tokoh masyarakat dalam melakukan penilaian terhadap kegiatan dilaksanakan oleh Babinsa.


"Terdapat juga fitur Pengaduan yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk menyampaikan pengaduan tentang keamanan, bencana alam, pengawasan orang asing, radikalisme maupun laka lalin yang terjadi di daerahnya," ujar Pangdam menjelaskan fungsi dan kegunaan lain Aplikasi E-Praja Raksaka


Dijelaskan pula bahwa terdapat fitur Bantuan Cepat yang diperuntukan untuk masyarakat maupun anggota jajaran Kodam IX/Udayana yang membutuhkan bantuan masalah keamanan maupun bencana alam dengan tingkat urgensi yang tinggi sehingga diketahui dan mendapatkan respon cepat Babinsa setempat.


"Laporan tersebut akan langsung terhubung dengan Sistem Pusat Komando E-Praja Raksaka yang didalamnya telah tergabung jajaran Babinsa yang tersebar di seluruh wilayah Kodam IX/Udayana, sesuai dengan wilayah tugasnya masing-masing," jelas Pangdam.


Sebagai wadah untuk semakin mendekatkan TNI dengan masyarakat, Pangdam juga menyampaikan bahwa pada Aplikasi E-Praja Raksaka juga terdapat fitur Portal Informasi yang berfungsi sebagai media resmi Kodam IX/Udayana untuk memberitakan setiap informasi kepada masyarakat.


"Pesan saya kepada seluruh prajurit Kodam IX/Udayana maupun masyarakat, agar memanfaatkan Aplikasi E-Praja Raksaka dengan sebaik-baiknya sehingga dapat mempermudah masyarakat dalam meminta bantuan dan mengakses informasi terkait kegiatan Babinsa di wilayahnya masing-masing," tutur Pangdam.


Lebih lanjut Pangdam berharap dengan adanya Aplikasi E-Praja Raksaka, dapat meningkatkan hubungan antara TNI dengan seluruh komponen masyarakat serta membantu TNI khususnya Kodam IX/Udayana dalam melaksanakan tugas pokok melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.


"Pada hari ini, Rabu 17 Agustus 2022, pukul 12.06 Wita, Aplikasi E-Praja Raksaka saya nyatakan dengan resmi, digunakan," demikian ucap Pangdam yang secara simbolis melaunching Aplikasi E-Praja Raksaka untuk dapat digunakan oleh masyarakat maupun anggota jajaran Kodam IX/Udayana, dengan cara mengunduhnya di App Store Android.


Acara Launching Aplikasi E-Praja Raksaka tersebut dihadiri oleh Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Kapoksahli Pangdam IX/Udayana, Asrendam IX/Udayana, Para Asisten Kasdam IX/Udayana dan Para Dan/Kabalakdam IX/Udayana, serta diikuti juga secara virtual oleh Para Danrem Jajaran Kodam IX/Udayana beserta Kodim Jajarannya dan undangan lainnya. (Pendam IX/Udy)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama