Babinsa Bantu Petani Percepat Masa Tanam Padi Gunung Dengan Menugal

  


Tanjung Selor, Babinsa Koramil 0903-02/ Peso Sertu Imam Muslih melaksanakan Pendampingan Penanaman Padi Gunung di Lahan bapak Wahyu dengan luas lahan 1 Ha bertempat di Desa Long Peso RT 02 Kec. Peso, Kamis (8/9/2022).


Sertu Imam Muslih mengatakan Kegiatan tanam padi gunung dilakukan secara tradisional yakni ditanam dengan cara menugal/tradisional. Sistem seperti ini cukup efektif dan tidak merusak tanaman padi sehingga tanaman tumbuh dengan baik, diharapkan hasil panen nantinya juga maksimal.


Menugal merupakan tradisi tahunan menanam padi masyarakat asli Kalimantan. Menugal berasal dari kata tugal. Artinya membuat lubang di tanah kering untuk bibit tanaman.


Kegiatan menugal biasanya berlangsung satu kali dalam setahun. Yakni diantara Bulan September hingga Oktober. Dalam kegiatan ini, aktivitas menugal tetap bisa berjalan dengan normal.


Menugal secara khusus diterapkan masyarakat asli Kalimantan yang tinggal di wilayah pedalaman atau belum memiliki sawah. Kegiatan ini dilakukan turun temurun sejak generasi terdahulu mereka.


Babinsa akan berupaya selalu menjadi yang terdepan dalam segala kegiatan, salah satunya dalam bidang pertanian guna mewujudkan swasembada pangan dan kemajuan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat.

Babinsa Bantu Petani Percepat Masa Tanam Padi Gunung Dengan Menugal Babinsa Bantu Petani Percepat Masa Tanam Padi Gunung Dengan Menugal Reviewed by Abimanyu on September 08, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar