Kodim 1616/Gianyar Gelar Pembinaan Komunikasi Cegah Konflik Sosial di wilayah Kodim 1616/Gianyar TA 2022



Gianyar - Untuk memberikan wawasan dan pengetahuan bagi kita semua, termasuk bagaimana meningkatkan peran kita bersama masyarakat dalam mencegah terjadinya konflik sosial, Kodim 1616/Gianyar Gelar Pembinaan Komunikasi  Cegah Konflik Sosial di wilayah Kodim 1616/Gianyar bertempat di Gedung Manunggal TNI Rakyat Makodim 1616/Gianyar. Rabu (28/9/2022).


Kegiatan Pembinaan Komunikasi Cegah Konflik Sosial di wilayah Kodim 1616/Gianyar TA. 2022. Dengan tema "Sinergitas Komponen Masyarakat Dalam Mencegah konflik Sosial".


Sambutan Dandim 1616/Gianyar. Letkol Inf. Hendra Cipta, S.Sos. menyampaikan bahwa pembinaan Komunikasi (Binkom) Cegah Konflik Sosial ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan bagi kita semua, termasuk bagaimana meningkatkan peran kita bersama masyarakat dalam mencegah terjadinya konflik sosial. 


Pentingnya kegiatan ini untuk dilaksanakan dan menjadi atensi dari Komando, mengingat masih banyak yang belum memahami secara baik dan benar, serta perlu adanya bimbingan komunikasi cegah konflik sosial. Bagi insan Intelejen kegiatan ini sangat penting, karena merupakan kebutuhan organisasi dalam rangka deteksi dini, cegah dini dan mengasah ketajaman dalam menganalisa, mengantisipasi setiap perkembangan yang terjadi agar dapat menjadi insan Intelijen yang semakin profesional. 


Oleh karena itu diharapakan dengan kegiatan Binkom ini, semakin dapat meningkatkan kemampuan atau kualitas insan Intelejen dalam menyikapi setiap perkembangan yang mungkin terjadi di wilayah Kodim 1616/Gianyar. 


Selanjutnya saya berharap kegiatan ini setidaknya bisa menjadi bekal buat kita untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang pembinaan komunikasi cegah konflik sosial yang tentunya sesuai dengan tema kegiatan kali ini yaitu “Peran Seluruh Komponen Masyarakat Dalam Mencegah Konflik Sosial”. Pungkasnya.


Sambutan Asintel Kasad dibacakan oleh Kabagopsan Satlak Sandi Pussansiad. Letkol Chb. Adi Susanto,  Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada Dandim 1616/Gianyar, beserta jajarannya atas terselenggaranya kegiatan Binkom Cegah Konflik Sosial di wilayah Kodim 1616/Gianyar. Rasa terimakasih juga, saya hanturkan kepada para Narasumber yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan pembekalan kepada para peserta.


Konflik bisa muncul dari mana saja, baik dari karakteristik individu, masyarakat, kelompok, interaksi sosial, serta terjadinya ketimpangan dan kelangkaan. Kita masih mengingat pada awal Pandemi Covid-19 hampir diseluruh wilayah Indonesia terjadi kelangkaan masker. Bahkan saat ini pun kita sedang mengalami peningkatan harga beberapa bahan pokok yang diakibatkan oleh pengaruh global.


Dalam menghadapi berbagai macam problematika bangsa ini, diperlukan langkah-langkah yang baik, cerdas, benar, dan bijaksana dari seluruh pihak. Konflik bukan tanggung jawab pemerintah sematamata. Melainkan, tanggung jawab seluruh pihak yang memiliki tanggung jawab moral. Oleh karena itu, upaya untuk mencegah terjadinya Konflik Sosial merupakan langkah strategis yang perlu dilakukan agar konflik sosial tidak semakin meluas, sehingga stabilitas keamanan yang kondusif tetap terjaga.


Beberapa penekanan yang perlu dipedomani sebagai berikut , marilah kita segenap komponen bangsa selalu bekerja sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah-tengah situasi yang sedang dilanda berbagai permasalahan, segera laporkan kepada pihak yang berwenang apabila terdapat hal-hal yang mengarah pada potensi konflik di sekitar tempat tinggal masing-masing, sehingga upaya preventif dapat ditempuh guna menghindari kerugian dan Ikuti kegiatan dengan motivasi dan semangat tinggi. 


Manfaatkan dengan sebaik-baiknya  kegiatan ini serta jadikan sebagai wahana untuk mendiskusikan solusi terhadap persoalan di wilayah. Imbuhnya.


Kegiatan dihadiri oleh Kabagopsan Satlak Sandi Pussansiad, Letkol Chb. Adi Susanto (Ketua Tim) beserta 2 orang, Dandim 1616/Gianyar, Letkol Inf. Hendra Cipta, S.Sos., Pgs. Kasdim 1616/Gianyar, Mayor Inf. Yan Rangga, Pasi intel Kodim 1616/Gianyar, Kapten Inf. I Ketut Suprapta,  Danunit Inteldim 1616/Gianyar, Letda Inf. Bambang Sutikno, Ketua Majelis Desa Adat Kab. Gianyar. dr. A.A Alit Asmara, Kakesbangpol Linmas Kab.Gianyar. Ir. Desa Gede Putra Amarta, Kaur Bin Ops Sat Intelkam Polres Gianyar,  IPTU I Wayan Sukadana, Satpol PP Kab. Gianyar, KNPI Kab. Gianyar, FKPPI Kab. Gianyar, PPI Kab. Gianyar. Orari Lokal Gianyar, RAPI Kab. Gianyar, I Wayan Arcana Wijaya, Bendesa Adat Tulikup Kaler, Sdr. Gusti Ngurah Wijana, Wakil Bendesa Adat Beng, Jro Mangku Mega, LSM Tipikor Gianyar, Sdr. Pande Mangku Rata, Mahasiswa Ngurah Rai Gianyar, dan Mahasiswa Mahasaraswati Gianyar  ***

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama