"Bhabinkamtibmas Ngayah" Wujud Kemitraan Polri Dengan Masyarakat



Polda Bali - Polres Klungkung - Polsek Nusa Penida, Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, juga sebagai pengembangan fungsi menjaga situasi kamtibmas, dan Bhabinkamtibmas sebagai pengemban pembina kamtibmas tentunya dituntut untuk selalu hadir di desa binaan, baik untuk menjaga situasi kamtibmas, maupun menjalin kemitraan dengan masyarakat.


Aipda I Ketut Rusdiatmika yang merupakan Bhabinkamtibmas Desa Tanglad, Nusa Penida, selalu hadir di desa binaan, seperti yang dilakukannya pada Bhabinkamtibmas bersama masyarakat 'ngayah' di Pura Gunung Pandean, Rabu (31/5/2023).


Ngayah merupakan sebuah kearifan lokal di Bali yaitu bekerja dengan tulus ikhlas tanpa mendapatkan imbalan secara material, namun tetap mengikuti aturan adat dan aturan sosial yang berada di masyarakat setempat.


Kegiatan ngayah dengan menyapu dan membersihkan halaman yangdi Pura Gunung Pandean, karena akan dilaksanakan upacara mecari Rsi Gana dan Upacara Piodalan yang jatuh pada tanggal 3 juni 2023.


Dalam kesempatan yang sama juga tetap memberikan himbauan untuk tetap bersama sama menjaga situasi Kamtibmas, dan menyerap informasi tentang perkembangan situasi kamtibmas di masyarakat.


Saat di konfirmasi Kapolsek Nusa Penida Kompol Ida Bagus Putra Sumerta, S.Sos.,  menjelaskan bahwa kegiatan Bhabinkamtibmas di desa binaan dalam rangka sambang maupun mengikuti kegiatan masyarakat dan bersinergi dengan masyarakat, perlu dijalin serta dilaksanakan.Karena Bhabinkamtibmas merupakan garda terdepan di Kepolisian secara langsung bersentuhan dengan masyarakat kita dan cepat mendapatkan informasi.


"Sehingga setiap ada perkembangan sekecil apapun dari kami bisa segera mengatasi sehingga terciptalah kamtibmas yang kita harapkan aman, nyaman dan kondusif" Ujar Kapolsek.  (*)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama