Serba-Serbi Unsur Pendukung Satgas Pamwil Kodam IX/Udayana Sukseskan KTT ASEAN ke 42

 


Manggarai Barat - Para personel Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Satgas Pamwil) terbagi dalam beberapa Sub Satgas dan Unsur Pendukung. Dalam pelaksanaannya, seluruh Unsur Pendukung Satgas Pamwil memiliki peran masing-masing yang sangatlah penting guna membantu Satgas Pamwil dalam rangka mendukung tugas pokok Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogabpad) Pam VVIP.


Seperti halnya yang dilakukan pada hari pertama perhelatan KTT ASEAN ke 42 berjalan dengan sukses dan lancar, Rabu (10/5/2023). Unsur Pendukung Komunikasi Elektronik yang dipimpin oleh Kepala Perhubungan Kodam IX/Udayana Kolonel Chb Heru Amrullah, S.Sos., M.I.P., melaksanakan tugas dan tanggungjawab menyelenggarakan dukungan komunikasi dan elektronik.


"Dukungan tersebut meliputi komunikasi radio, multimedia melalui penyediaan visual terhadap rute, Bandara Komodo dan obyek kegiatan KTT ASEAN kepada Dansatgas Pamwil di Poskotis dalam rangka melaksanakan monitoring pengamanan pergerakan tamu VVIP serta melaksanakan video conference dengan komando atas," ungkap Kahubdam.


Sementara itu, dalam mendukung dokumentasi dan publikasi Satgas Pamwil, Unsur Pendukung Penerangan yang dipimpin langsung oleh Kepala Penerangan Kodam IX/Udayana Kolonel Inf Fadjar Moh. Syahfrudin, S.Sos., bertanggung jawab untuk medokumentasikan gambar dan video selama proses kegiatan Pamwil, serta pembuatan berita sebagai bahan publikasi Satgas Pamwil kepada rekan media baik lokal maupun nasional dan bekerja sama dengan Puspen TNI dalam pemberitaan selama kegiatan KTT ASEAN berlangsung.


Sedangkan pada Unsur Pendukung Bantuan Administrasi yang dipimpin oleh Kabekangdam IX/Udayana Kolonel Cba Abdul Rosid, S.H., M.M., serta dibantu oleh Dandenbekang 01 Kupang Letkol Cba Rudy Harianto, menyampaikan bahwa pihaknya melaksanakan operasional dukungan logistik, transportasi, pengisian BBM dan  angkutan air untuk seluruh personel Satgas Pamwil.


"Terkhusus untuk dukungan logistik bagi seluruh personel, kami menggunakan katering-katering rumahan yang sebenarnya tidak akan sanggup untuk melayani ribuan prajurit, namun dengan bersinergi bersama prajurit Bekang, Alhamdulillah dapat teratasi. Masyarakatpun mengucapkan terima kasih, karena dengan tergelarnya KTT ASEAN ke 42 di Labuan Bajo, NTT, membuat roda perekonomian masyarakat berputar," jelas Dandenbekang.


Begitu pula Unsur Pendukung Medis yang dilakukan oleh Denkesyah  09.04.01/Kupang. Dalam pelaksanaannya, Unsur Pendukung Medis yang dipimpin oleh Letkol Ckm dr. Boy Ramurthi, M.A.R.S., telah menggelar Posko Kesehatan yang dilengkapi dengan ruang perawatan sementara beserta obat-obatan dan fasilitasnya, serta telah menyiapkan 2 unit mobil Ambulance yang dilengkapi dengan perlengkapan sesuai standar.


"Kami melayani kesehatan personel Satgas Pamwil yang berada di wilayah Ring II dan Ring III, namun jika Ring I (Paspampres) memerlukan bantuan, kami juga siap. Jadi harapan kami sesuai dengan arahan Bapak Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., untuk dapat mengadopsi keberhasilan KTT G20. Sejauh ini, para personel Satgas Pamwil dengan moril yang tinggi tetap semangat dalam melaksanakan tugas," pungkas Dandenkesyah Kupang. (Pendam IX/Udy)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama