Wakapolres Klungkung Pimpin Pemeriksaan Pemegang Senpi Dinas



Klungkung-Polres Klungkung melakukan pemeriksaan senjata api (senpi) berikut surat izinnya di Loby Aula Jalaga Dharma Pandhapa, Kamis, 25/5/2023.


Pemeriksaan dilakukan untuk mengantisipasi penyalahgunaan oleh pemegang senpi oleh Personel  Polres Klungkung.


Wakapolres Klungkung Kompol Dewa Ketut Darma Aryawan,S.T.,M.M., mengatakan, Bagi Personel Polres Klungkung yang memegang senpi dinas wajib mengikuti jalannya pemeriksaan ini.


Pemeriksaan senpi ini berlaku bagi semua anggota baik anggota yang berdinas di Polres maupun Polsek dengan sasaran kelengkapan surat maupun kebersihan senpi.


“Semua wajib mengikuti pemeriksaan, ini sangat penting untuk mengetahui kondisi senpi,” katanya.


Wakaplores mengingatkan kepada anggotanya agar selalu waspada dan hati-hati serta memperhatikan standar prosedur dalam menggunakan senpi.


Senpi bisa menjadi teman, tapi juga bisa jadi bumerang bagi pemegangnya apabila dalam penggunaannya tidak benar. 


“Senjata itu diibaratkan istri, kita harus benar-benar bisa merawat dan menjaganya jangan sampai direbut atau dibawa orang,” terangnya.


Pemeriksaan senjata rutin dilakukan untuk mengetahui kelayakan dan keberadaan senjata. Jangan sampai senjata api macet atau membahayakan pemegangnya dan orang lain saat digunakan atau berada di tangan yang tidak berhak.


Surat izin pemegang juga diperiksa, mereka wajib menjalani test psikologis pada tiap kali memperpanjang izin atau penggunaan baru.


“Personel pemegang senpi diharapkan selalu kontrol emosi, berhati-hati dan cermat dalam penggunaan dan jangan serampangan” Tuturnya


Bagi para pemegang senpi untuk tidak melakukan pelanggaran yang nantinya akan berimbas pada kedinasan.


“Pemeriksaan ini sifatnya pengawasan dan pengendalian. Tujuan yang utama adalah mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan senjata api dan amunisi oleh anggota Polri,Meskipun tidak ditemukan adanya pelanggaran, namun bagi anggota yang memegang senpi untuk merawat dan tetap menjaga senpi. Selain itu emosi juga harus dikontrol, senpi harus digunakan sebagimana mestinya sesuai dengan aturan yang berlaku,” tandasnya. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama