Hadirkan Pranata Adat Dan Dinas, Polsek Blahbatuh RJ-kan Perkara Buang Sampah Di Jalan Raya



GIANYAR BLAHBATUH-Kapolsek Blahbatuh Kompol I Made Tama, S.H. memimpin pelaksanaan Restorative Justice, Jumat/2 Juni 2023. Proses RJ dilakukan terhadap perkara pembuangan sampah dan balok kayu di Jalan Raya Pinda, Desa Saba yang sempat viral di media sosial.


Dalam pelaksananaannya Kapolsek didampingi oleh Kanit Intelkam Iptu I Putu Mulyatra,S.H. dan Kanit Reskrim Iptu Ngakan Ketut Erawan,S.H.,M.H. serta Bhabinkamtibmas Saba Aiptu I Ketut Sukana.


Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Polsek Blahbatuh,  turut dihadiri oleh Perbekel Desa Saba I Ketut Redhana, SP.  beserta Pranata Adat dan Dinas yakni Bendesa Adat Pinda dan Saba, Kepala Kewilayahan Pinda dan Saba,  beserta Pecalang.


Dalam pemaparannya, Kapolsek menerangkan bahwa terlapor masih dibawah umur dan selanjutnya memberikan kesempatan masing-masing pihak untuk melakukan mediasi, nantinya dapat menghasilkan kemufakatan/ perdamaian.


I Gusti Ngurah Jayanegara selaku wakil dari pihak Terlapor menyampaikan permohonan maaf kepada prajuru dan warga Desa Adat Pinda dan kiranya permasalahan yang dilakukan terlapor dapat dimaafkan dan diselesaiakan  secara damai untuk tidak dilanjutkan ke jalur hukum.


Hasil dari Proses Restorative Justice yakni dari pihak Prajuru Desa Adat Pinda ( Bandesa Adat Pinda ) bersama dengan Kertha Desa menerima perdamaian sesuai dengan permintaan dari pihak Keluarga terlapor dan masing-masing pihak dapat menjaga warga untuk tidak mengulangi perbuatan yang dilakukan serta dikuatkan dengan surat pernyataan


Perbekel Saba I Ketut Redhana,SP. dalam kesempatan tersebut sangat mengapresiasi gerak cepat Polsek Blahbatuh dalam mengungkap kejadian tersebut sehingga tidak sampai berkembang seraya menekankan agar kejadian serupa tidak terulang kembali.


"Terima kasih kami ucapkan kepada bapak Kapolsek Blahbatuh beserta jajarannya yang dengan cepat mengungkap Kejadian serta pelaku, kami mengharapkan agar semua pihak untuk bersama-sama dan menciptakan keamanan yang kondusif, tandasnya.  (*)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama