Polres Gianyar Kembali Gelar Jambore Pecalang Sambut Hari Bhayangkara Ke77



GIANYAR - Sudah 7 tahun lamanya tidak digelar, Polres Gianyar kembali melaksanakan Jambore Pecalang. Jambore Pecalang ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun Bhayangkara ke-77 di Lapangan Apel Endra Dharmalaksana Mapolres Gianyar, Sabtu (25/6/2023) malam. 


Kapolres Gianyar, AKBP Ketut Widiada, S.I.K. menjelaskan bahwa Jambore Pecalang ini terakhir diselenggarakan oleh Polres Gianyar pada tahun 2016 silam. "Jambore Pecalang ini pernah digelar pada tahun 2016 silam, saat itu merupakan Jambore Pecalang tahun ke-2. Setelah lama 7 tahun lamanya vakum, kini kita selenggarakan lagi," ujarnya. 


Pada Jambore Pecalang kali ini diikuti oleh 7 kelompok pecalang dari perwakilan 7 Kecamatan yang ada di Kabupaten Gianyar, "Masing-masing di setiap kelompok ada 11 orang anggota pecalang, totalnya ada 77 orang pecalang sebagai wujud hari ulang tahun Bhayangkara ke-77," kata pria yang pernah menjabat sebagai Kapolsek Ubud ini.


Para pecalang ini dihadapan dewan juri akan menampilkan gerakan-gerakan dasar pengaturan lalu lintas, pengetahuan tentang Desa Adat, hingga SOP penanganan permasalahan hukum di Desa Adat dan melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian. Nantinya kelompok pecalang yang mendapatkan nilai tertinggi akan mendapatkan piala bergilir.


Hasil dari penilaian, kelompok pecalang perwakilan dari Kecamatan Sukawati kembali berhasil memenangkan piala bergilir setelah sebelumnya di tahun 2016 juga memperoleh gelar juara. Kemudian disusul oleh kelompok pecalang dari Kecamatan Gianyar di posisi ke dua dan Kecamatan Payangan di posisi ke tiga.  (*)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama