Waka Polres Tabanan Pimpin Upacara Perabuan Jenazah (almarhum) Aiptu I Nyoman Nerken


Bali-Sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada personil Polri yang meninggal dunia, Polres Tabanan melaksanakan upacara Perabuan Jenasah almarhum Aiptu I Nyoman Nerken di kuburan Desa Adat Sudimara Kelod, Desa Sudimara, Kec/Kab. Tabanan, Rabu ( 3/1/2024 ) pukul 08.30 wita . 

Upacara perabuan secara dinas Kepolisian dipimpin oleh Waka Polres Tabanan Kompol I Gede Made Surya Atmaja P, S.Sos., M.H,    dan diikuti oleh pejabat utama Polres Tabanan, Kapolsek Tabanan, Kapolsek Seltim dan personil Polres Tabanan, PNS dan anggota  bhayangkari Cabang Tabanan dan Ranting Selemadeg Timur. 

Bertindak sebagai Perwira Upacara AKP I Gusti Ketut Suarcana sedangkan sebagai Komandan Upacara Ipda I Gede Putu Krisnawan dengan peserta upacara 1 barisan Perwira Polres dan Polsek, 1 peleton pasukan bersenjata, 1 regu penembak salvo, 2 pers pengawal Jenazah, 4 pers perentang Bendera Merah Putih, 1 Peleton staf gabungan Polres dan Polsek serta 1 barisan Bhayangkari.

Upacara perabuan diawali dengan penyerahan jenazah Aiptu I Nyoman Nerken oleh keluarga kepada Polres Tabanan yang diwakili oleh Kapolsek Tabanan Kompol I Nyoman Sumantara, S.H., M.H, selaku pimpinan upacara dirumah/kediaman almarhum Aiptu I Nyoman Nerken. Kemudian jenazah almarhum Aiptu I Nyoman Nerken diberangkatkan menuju kuburan Banjar Sudimara Kelod, Desa Sudimara yang selanjutnya dilaksanakan upacara perabuan jenazah secara dinas Kepolisian.

Sebagai penghormatan kepada almarhum atas pengabdiannya selama menjadi anggota Polri dengan menggelar Apel Persada yakni menyerahkan jazad almarhum sebagai putra terbaik ke ibu pertiwi atas jasa - jasanya selama mengabdikan diri sebagai anggota polri kepada Bangsa dan Negara, tembakan salvo sebagai penghormatan terakhir dan peletakan karangan bunga. 

Waka Polres Tabanan dalam apel persada yang dilaksanakan dan menjadi rangakaian upacara perabuan jenasah almarhum Aiptu I Nyoman Nerken dalam sambutannya menyampaikan bahwa “atas nama pimpinan Polri kami menyampaikan ucapan belasungkawa, turut berdukacita atas kepergian almarhum Aiptu I Nyoman Nerken, salah satu personil terbaik Polri yang dimiliki oleh Polres Tabanan. Kita semua merasa kehilangan atas meninggalnya almarhum. Melalui kesempatan ini kami Polres Tabanan dan seluruh jajaran menyampaikan do’a kehadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa/Tuhan yang Maha Kuasa, semoga arwah almarhum mendapatkan tempat yang disisiNya, sesuai dengan amal Bhaktinya kepada Bangsa dan Negara”.

Waka Polres Tabanan juga mengatakan bahwa “kepada seluruh masyarakat ataupun Kami sampaikan permohonan maaf jika selama hidup almarhum ada berkata dan berbuat salah mohon kiranya sudi memaafkan. Kepada pihak keluarga yang ditinggalkan mari kita ikhlaskan kepergian almarhum, karena semua ini terjadi adalah atas kehendak Tuhan/Ida Sanghyang Widhi Wasa, semoga keluarga diberikan kekuatan , ketabahan, kesabaran serta bimbingan dan perlindunganNya”. Tutup Waka Polres Tabanan. 

Selanjutnya perwakilan pihak keluarga mengucapkan terimakasih yg sebesar-besarnya kepada pimpinan Polri atas perhatiannya sehingga tergelar upacara secara dinas Kepolisian persemayaman dan perabuan jenazah almarhum sebagai bentuk penghormatan terakhir atas jasa-jasa beliau selama menjadi personil Polri.

Selesai upacara secara dinas kepolisian dilanjutkan dengan rangkaian upacara secara Adat dan agama Hindu oleh pihak keluarga bersama dengan masyarakat adat Desa adat Sudimara Kelod. 


( Humas Polres Tabanan )

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama