Kabekang IX/Udy Terapkan Strategi Unik Pendistribusian Logistik KTT WWF di Bali


Badung - Kesiapan para petugas keamanan menjelang dimulainya Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WWF) ke 10 tahun 2024, diyakinkan sudah matang. Kesiapan tersebut tampak dari masing-masing Unsur Pendukung dan Sub Satuan Tugas yang telah insert di kedudukannya melaksanakan fungsi dan tugasnya untuk mengamankan event internasional tersebut.


Dibawah kendali Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Satgas Pamwil) dari Kodam IX/Udayana, seluruh Unsur Pendukung dan Sub Satuan Tugas memiliki peran masing-masing yang sangatlah penting. Seperti halnya Unsur Pendukung Bantuan Administrasi (Banmin) yang memiliki tugas pokok menyelenggarakan serta melaksanakan fungsi perbekalan dan angkutan untuk seluruh personel Satgas Pamwil dan Evakuasi yang bertugas.


"Kami melaksanakan operasional pendistribusian dukungan makanan, transportasi dan pengisian BBM, serta perlengkapan lapangan berupa tenda dan kursi untuk prajurit Kodam IX/Udayana yang terlibat dalam Satgas Pamwil pada KTT WWF ke 10 tahun 2024," jelas Kabekangdam IX/Udayana, Kolonel Cba Abdul Rosid, S.H., M.M., saat ditemui di Posko Unsur Pendukung Banmin, Nusa Dua, pada Minggu (19/5/2024).


Selaku Kepala Unsur Pendukung Banmin, Kabekangdam IX/Udayana menyampaikan bahwa pihaknya melibatkan sebanyak 255 personel untuk bertanggungjawab penuh terhadap makanan dan BBM untuk prajurit Satgas Pamwil dan Evakuasi dalam pengamanan KTT WWF, yang juga dilengkapi dengan 57 unit kendaraan termasuk 10 unit sepeda motor trail.


"Para personel tersebut terbagi menjadi masing-masing bagian, ada Tim Angkutan, Distribusi, Zeni dan Peralatan. Tim yang melayani pendistribusian logistik untuk Subsatgas Pengamanan Rute juga mengoperasionalkan 2 unit RIB (Rigid Inflatable Boat) milik Bekangdam IX/Udayana yang sudah terploting untuk personel Pam Rute yang berada di bawah Jalan Tol Bali Mandara," ujarnya.


Lebih lanjut Kolonel Abdul Rosid mengungkapkan strategi unik yang diterapkannya disaat kondisi lalu lintas cukup padat. Pihaknya juga menyiapkan kendaraan distribusi roda dua yang dipasang tas box yang sangat berguna dikala lalu lintas macet, sekaligus juga untuk menjangkau lokasi-lokasi yang tidak memungkinkan untuk kendaraan roda empat.


Dengan peran Unsur Pendukung ini, Kolonel Abdul Rosid berharap pelaksanaan KTT WWF ke 10 berjalan lancar dan aman. Sebab, keamanan KTT ini merupakan taruhan nama baik negara. Salah satu faktornya adalah keamanan. Selain itu, harapannya KTT WWF ke 10 ini juga membawa dampak pada UMKM khususnya catering-catering rumahan agar roda perekonomiannya dapat berputar. (Pendam IX/Udy)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama