Terkini

recentposts

Uji Coba Penggunaan Aplikasi Sehat Mudik Cek Point Pos Penyekatan Arus Mudik Lebaran 2022 di Terminal Negara



Jembrana, bertempat di Terminal Negara Br. Baluk I, Desa Baluk, Kec. Negara, Kab. Jembrana berlangsung kegiatan uji coba penggunaan Aplikasi Sehat Mudik cek point Pos Penyekatan arus mudik lebaran tahun 2022, Sabtu (16/4) malam.


Hadir dalam giat tersebut Kabag Ops Polres Jembrana, Kapolsek Negara, Camat Negara, Kepala Bidang Perhubungan Dishub Kab. Jembrana, Kanit Lantas Polsek Negara (Kapos Penyekatan Terminal Negara), Kanit Reskrim Polsek Negara, Personil Polsek Negara, Personil TNI Koramil 1617-01/Negara, Personil Dishub Kab. Jembrana, Personil Sat Pol PP Kab. Jembrana, dan Tim Vaksinator Dinkes Kab. Jembrana.


Sebelum dilakukan pengecekan telah dilaksanakan apel kesiapan personil yang dipimpin oleh Kapolsek Negara Kompol I Gusti Made Sudarma Putra, S.Sos., S.H., M.AP. didampingi Kabag Ops, Camat Negara, dan Kepala Bidang Perhubungan Dishub Kab. Jembrana.


Kapolsek Negara mengatakan hari ini kita kembali akan melaksanakan kegiatan uji coba penggunaan Aplikasi Sehat Mudik pada cek point Pos Penyekatan arus mudik lebaran tahun 2022 di Terminal Negara. Sebelum kegiatan dimulai sesuai perintah terlebih dahulu harus diberikan AAP terhadap personil tentang teknis pelaksanaan tugas uji coba penyekatan arus mudik lebaran dan tata cara penggunaan Aplikasi Sehat Mudik yang telah didownload oleh semua anggota Polsek, karena yang bertugas input data kendaraan dan vaksinasi pemudik adalah kita personil Polri.


"Apabila nantinya ada kendala agar berkoordinasi dengan operator yang sudah menguasai penggunaan Aplikasi Sehat Mudik," jelas Kapolsek.


Kemudian Kabag Ops Polres Jembrana Kompol I Putu Ngurah Riasa, S.I.P. mengatakan, sementara ini adalah baru tahap uji coba, sehingga dalam pelaksanaan simulasi ini, personil Polri yang bertugas agar didampingi personil Dishub dan TNI agar sama-sama mengetahui teknis penggunaan Aplikasi Sehat Mudik.


"Diharapkan Semua personil harus mengetahui tata cara penggunaan Aplikasi Sehat Mudik. Untuk Personil TNI dan Dishub, terkait Aplikasi Sehat Mudik ini bisa mendownload aplikasi ini lewat link yang ada," jelas Kabag Ops.


Adapun teknis pemeriksaan yaitu kedaraan yang diperiksa adalah kendaraan jenis KK dan Travel yang datang dari arah timur dan akan menyebrang ke Wilayah Jawa. Kendaraan tersebut diarahkan masuk kedalam areal Terminal Negara melalui pintu masuk selatan Terminal Negara, selanjutnya dilakukan pemeriksaan sertifikat vaksin dan penginputan data pada Aplikasi Sehat Mudik. Setelah selesai proses input data pada Aplikasi Sehat Mudik dan pemudik telah mendapatkan barcode, selanjutnya pemudik dipersilakan melanjutkan perjalanan.


Kabag Ops mengatakan selama kegiatan berlangsung dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar. "Adapun hasil dalam kegiatan yaitu jumlah kendaraan yang diperiksa sebanyak 50 unit terdiri dari 35 unit KK dan 15 unit Travel. Jumlah pemudik yang melaksanakan vaksinasi sebanyak 24 orang, diantaranya Vaksin I sebanyak 3 orang, Vaksin II sebanyak 1 orang, dan Vaksin 3 sebanyak 20 orang.


(Hms Jbr)

Tidak ada komentar: