Dampingi Pemeriksaan Hewan Qurban, Sertu Ambrin : Pastikan Sehat Sebelum Disembelih

  


Lumajang, Pendim 0821 - Babinsa Pandansari Pos Koramil 0821/05 Kedungjajang Sertu Ambrin melaksanakan pemantauan hewan qurban milik warga yang akan di sembelih di Dusun Tugulasi Desa Pandansari Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang, Minggu (10/7/2022)


Kegiatan ini sebagai upaya memastikan hewan yang di qurban merupak hewan sehat bebas dari penyakit mulut dan kuku.

Pemeriksaan dilakukan oleh tim kesehatan dari dinas terkait, jika dinyatakan aman dari wabah, barulah hewan qurban tersebut diserahkan ke panitia untuk diperlakukan sebagaimana mestinya.


"Tim pada hari ini melakukan pengecekan dan pemeriksaan kesehatan hewan. Sehingga nantinya hewan ternak warga benar-benar layak diqurbankan," kata Babinsa.


Dipastikan, selain ibadah, qurban yang dilaksanakan bisa membawa manfaat ditengah mewabahnya virus PMK saat ini. "Kata manfaat itu tadi, tentu hewan yang dimaksud benar-benar sehat. Oleh karenanya, sebelum tahapan penyembelihan," imbuhhya.


Selain itu, pelaksanaan penyembelihan, panitia diminta untuk tetap mematuhi protap protokol kesehatan. "Mekanisme ini diterapkan, dalam rangka mendukung upaya pemerintah dalam menekan penyebaran wabah PMK itu sendiri, dan memastikan ibadah umat muslim di hari raya Idul Adha ini berjalan dengan aman dan nyaman," pungkasnya.(Pendim 0821).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama