Terkini

recentposts

Dandim 0821 Bersama Forkopimda, Hadiri Peresmian Pura Ulun di Senduro

  


Lumajang, Pendim 0821 - Dandim 0821/Lumajang Letko Czi Gunawan Indra Y. T., S.T., M.M. menghadiri seremonial peresmian Pura Ulun di Desa Ranupane Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang, Kamis (14/7/2022).


Hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur Provinsi Bali Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si, Bupati Lumajang, H. Thoriqul Haq, Wakil Bupati Karang Asem I Wayan Arthadipa, Komandan Kodim 0821 Lumajang Letkol Czi Gunawan Indra Yitno S.T.,M.M, Kapolres Lumajang, AKBP Dewa Putu Eka Darmawan, S.IK., M.H, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang, Yuli Kharismawati S.P, Ketua Panitia Piodalan Tjok Gede Indrayana, Jajaran Forkopimcam Senduro, Pemdes Senduro, Tim Kes, Tokoh agama berikut Umat Hindu di Kecamatan Senduro dan perwakilan dari Provinsi Bali.


Dandim mengucapkan selamat atas peresmian rumah ibadah bagi umat Hindu yang nantinya menjadi tempat pendidikan dan pengembangan mental spiritual umat Hindu, serta pelayanan umat yang peduli kepada lingkungan dan masyarakat sekitar. 


“Saya pribadi atas nama Kodim 0821/Lumajang mengucapkan selamat atas peresmian Pure Ulum yang ada di Desa Ranupane, Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang,” terang Dandim. 


Dirinya juga sangat mengharapkan Pure tersebut dapat memberi manfaat yang besar, yang tak sekedar hanya kepada umat Hindu saja, namun bagi masyarakat desa Ranupane sehingga dapat menjadi pemersatu bangsa. 


“Kita memiliki harapan besar serta cita-cita bersama bahwa tempat peribadatan seluruh agama terus berkembang dan mengajarkan umatnya untuk menciptakan kerukunan dalam bangsa dan negara, keenam agama besar ada di Kecamatan Senduro. Semuanya hidup berdampingan dengan sangat rukun, penuh toleransi, dan selalu saling bantu dalam kegiatan kemasyarakatan,” tuturnya. 


Diwaktu yang Bupati Lumajang menambahkan, selain akan dipergunakan sebagai tempat persembahyangan, pure yang dibangun akan dijadikan sebagai tempat wisatanya.


"Pura Ulun Danu Ranupane ini merupakan tempat yang memiliki nilai budaya. Dan Ranupane adalah desa yang menjadi bagian dari terusan adat budaya Tengger yang terus dijaga kelestariannya hingga saat ini," ungkap Bupati.


Sementara Wakil Gubernur Provinsi Bali Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si mengaku, bahwa dirinya juga memiliki kesamaan visi dan misi untuk pembangunan daerah. Karena pura yang berada di Kabupaten Lumajang, merupakan tempat suci bagi umat Hindu Bali.


"Ke depan, pembangunan pura tersebut akan terus di tingkatkan. Terimakasih pada Forkopimda Lumajang yang telah menyiapkan segala sesuatu untuk kegiatan kami," ucapnya.


"Kami juga berterimakasih pada TNBTS karena senantiasa bekerja sama untuk mengelola tempat ini, serta bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang," pungkasnya. (Pendim 0821).

Tidak ada komentar: