Kring Polri Polres Gianyar Kawal Vaksinasi PMK Di Bona-Blahbatuh




GIANYAR - Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menjangkiti hewan ternak berkaki empat dilaporkan telah menyebar pada sejumlah daerah. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Gianyar menggenjot vaksinasi hewan ternak guna menekan penyebaran agar tidak meluas.


Sebagaimana Vaksinasi PMK di Kecamatan Blahbatuh dilaksanakan di Desa Bona/14-07,  Bhabinkamtibmas Bona Polsek Blahbatuh Aiptu I Wayan Miasa tampak langsung terjun mengamankan kegiatan bersama dengan personel Polri yang Tersprin Kring Polri Polres  Gianyar.


Selain mengamankan jalannya kegiatan kehadiran Personel Polri untuk memberikan edukasi terkait penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) atau foot and mouth desease (FMD) yang merupakan penyakit hewan yang bersifat akut dimana PMK dikenal menyerang hewan berkuku genap termasuk sapi, kerbau, kambing dan domba yang biasanya diternakkan oleh masyarakat.


Kapolsek Blahbatuh Kompol I Ketut Suharto Giri, S.H.,M.H. membenarkan kegiatan personelnya seraya menyampaikan bahwa Upaya Vaksinasi pda hewan ternak sangat penting dalam memutus rantai penyebaran PMK dimana  pihaknya juga  akan secara terus mengimbau peternak untuk selalu waspada terhadap kemungkinan penyebaran penyakit menular tersebut.


"Vaksinasi PMK memegang peranan penting dalam memutus mata rantai penyebaran dan meningkatkan kekebalan ternak  dimana penyakit ini sangat cepat menyebar sehingga perlu dilakukan upaya nyata dalah satunya dengan vaksinasi, ujarnya.


Disadur dari berbagai sumber bahwa Tujuan dari vaksinasi intinya untuk memberikan kekebalan (antibodi) pada ternak sehingga dapat melawan antigen atau mikro-organisme penyebab penyakit.


 Vaksinasi adalah pemberian antigen untuk merangsang system kebal menghasilkan antibody khusus terhadap penyakit-penyakit salah satunya PMK dimana Penyakit mulut dan kuku disebabkan oleh virus tipe A dari famili Picornaviridae dengan genus Apthovirus. Penyakit ini dapat menyebar dengan cepat sehingga wajib dilakukan langkah penanggulan yang cepat.


Kapolsek menambahkan serta mengajak masyarakat petani/peternak untuk bersama-sama menyukseskan Vaksinasi PMK ini." Program Vaksinasi ini merupakan program yang amat penting , peran serta masyarakat sangat penting dalam mengawasi serta menjaga ternak miliknya, bilamana ditemukan adanya ternak yang sakit agar segara melaporkannya kepada dinas terkait, tandas Kapolsek.

Kring Polri Polres Gianyar Kawal Vaksinasi PMK Di Bona-Blahbatuh Kring Polri Polres Gianyar Kawal Vaksinasi PMK Di Bona-Blahbatuh Reviewed by redaksi dua on Juli 13, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar