Terkini

recentposts

Cegah Luapan Air saat Hujan, TNI dan Masyarakat Desa Ranuwurung Kerja Bakti Bersihkan Drainase

  


Lumajang, Pendim 0821 - Sebagai upaya mencegah terjadinya luapan air yang dapat menutup jalan saat turun hujan, Babinsa Ranuwurung Koramil 0821/07 Randuagung bersama masyarakat melaksanakan kerja bakti pembersihan drainase yang ada di kanan kiri jalan,  di Dusun Sumber Tumpang RT 015 RW 005 Desa Ranuwurung Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (14/8/2022).


Dalam kegiatan tersebut, Babinsa Ranuwurung, Serda Aryanto menyampaikan, bahwa kegiatan itu bertujuan untuk memperlancar aliran air dalam drainase, agar tidak meluap ke jalan serta tidak menyebabkan genangan air yang dapat menjadi tempat berkembangbiaknya bibit penyakit, terutama saat musim hujan.


Aryanto juga menyampaikan, keterlibatannya dalam kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya pelaksanaan tugas pembinaan wilayah, serta sebagai bentuk kepedulian Tentara Nasional Indonesia (TNI) terhadap masyarakat.


“Dengan terpeliharanya drainase, saat turun hujan, air dapat mengalir dengan lancar dan tidak menyebabkan genangan air yang dapat digunakan bibit penyakit sebagai tempat berkembang biak,” ujarnya.


Selain itu, disampaikan Aryanto, bahwa dalam pelaksanaan kerja bakti tersebut, tidak hanya membersihkan drainase dari sampah saja tetapi juga dilakukan pengerukan dasar drainase, sehingga dapat menampung lebih banyak debit air yang dialirkan.


Dia berharap, dengan terjaganya kebersihan drainase dapat memperlancar aliran air, sehingga tidak menyebabkan luapan dan genangan air, terutama saat turun hujan.


“Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian kita terhadap lingkungan. Untuk itu jaga terus kebersihan drainase, agar dapat berfungsi dengan maksimal, terutama saat turun hujan,” kata dia. (Pendim 0821)

Tidak ada komentar: