Terkini

recentposts

Ketahanan Pangan Diperkuat, Persiapan Penyangga Pangan IKN dan KIPI

  


Tanjung Selor, Ketahanan pangan  di Bulungan terus diperkuat oleh Kodim 0903/Bulungan. Salah satunya dengan melakukan penanaman padi dan jagung secara serentak bersama forkopimda di Desa Panca Agung, Kecamatan Tanjung Palas Utara, Bulungan, Selasa (2/8/2022).


Dandim 0903/Bulungan Kolonel Inf Akatoto mengatakan, penanaman padi dan jagung ini sekaligus untuk membantu program pemerintah untuk meningkatkan pencapaian hak atas pangan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan ketahanan pangan nasional dan daerah, meningkatkan kesejahteraan petani dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat serta meningkatkan perekonomian tersedianya logistik wilayah sesuai agar dengan kearifan lokal untuk kepentingan pertahanan negara.

"Untuk tahap awal kami membuka 5 hektare (ha), untuk ditanam jagung 2 Ha.


Kemudian, lahan seluas 3 ha akan ditanami padi. Diharapkan, dengan adanya penanaman ini dapat mendorong semangat para petani untuk bertani. Apalagi potensi di wilayah Bulungan ini sangat melimpah.

"Lahan pertanian di Kabupaten Bulungan ini sangat sangat luas," ungkapnya.


Kedepan, sektor pertanian ini diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Bulungan. Khususnya di Tanjung Palas  Utara. "Semangat petani untuk mengolah tanahnya kita harapkan semakin meningkat kedepannya," harapnya.


Dalam hal ini,  Akatoto juga menekankan kepada seluruh jajaran Kodim 0903/Bulungan untuk terus  menjaga ketahanan pangan serta memotivasi kepada masyarakat di wilayah binaan untuk meningkatkan pertanian dalam rangka membantu program pemeritah daerah maupun pusat dalam rangka ketahanan pangan nasional.

"Kodim 0903/Bulungan akan terus bersinergi dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan ketahanan pangan secara nasional," ungkapnya.


Sementara itu, Dinas Pertanian (Disperta) Bulungan, Ahmad Yani berharap dengan adanya penanaman padi dan jagung hari ini mampu meningkatkan produktifitas pertanian serta mensejahterakan masyarakat petani di Bulungan. Khususnya yang berada di wilayah Panca Agung.

"Sebagaimana kita ketahui bersama, kita memiliki visi mewujudkan Kabupaten Bulungan yang berdaulat pangan, maju dan sejahtera. Berdaulat pangan ini memiliki arti kemampuan memenuhi pangan melalui produksi lokal, kemudian melalui pangan dari hasil pertanian, kita berharap dapat memajukan daerah serta mensejahterakan masyarakat Kabupaten Bulungan," ujarnya.


Visi itu, sambung Yani, didukung dengan adanya pembangunan Kawasan Industri Park Indonesia (KIPI)  Tanah Kuning- Mangkupadi di Kecamatan Tanjung Palas Timur.

"Kita berharap produk pangan lokal kita dapat menjadi pemasok utama bagi para pekerja di kawasan tersebut. Begitu pula dengan adanya pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), kaltim. Kita  berharap dapat menjadi penyangga pangan ke daerah tersebut melalui hasil pertanian, peternakan hingga perikanan," harapnya.


Menurutnya, hal ini bukan tidak mungkin, karena lahan pertanian di Bulungan ini masih cukup luas untuk dikembangkan. Untuk itu, pemerintah akan terus berupaya untuk mendorong semangat para petani.

"Kita juga akan terus men-support para petani dengan menyesuaikan anggaran yang ada," pungkasnya.

Tidak ada komentar: