Polsek Blahbatuh Optimalkan Pengamanan Pitra Yadnya Melalui Sipandu Beradat



Gianyar  BLAHBATUH-Bankamda dan Forum Sipandu Beradat merupakan bentuk kemitraan Polisi dengan masyarakat berbasis community policing, yang memiliki komponen antara lain Bankamda, pecalang, linmas, satpam dan komponen keamanan lainnya di bawah binaan Bhabinkamtibmas dan Babinsa di tingkat desa adat.


Selain di desa adat, Forum Sipandu Beradat ini juga memiliki komponen di tingkat kecamatan, kabupaten/kota dan provinsi


Dibentuknya Bantuan Keamanan Daerah - Bankamda, dan Forum Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat - Sipanduberadat, sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2020 tentang Keamanan Swakarsa, serta implementasi dari Pergub Bali Nomor 26 tahun 2020


Keberadaan dua lembaga di daerah ini diharapkan bisa mendukung keamanan nasional serta menyelesaikan konflik adat yang masih sering terjadi di daerah serta  mendukung program pemerintah dalam penanggulangan Covid 19, melalui pendekatan secara adat. Langkah ini juga diharapkan bisa diikuti oleh daerah lain terutama yang sering berhadapan dengan konflik adat.


Salah satunya dalam hal pengamanan kegiatan masyarakat.Implementasi dari itu, Bhabinkamtibmas Polsek Blahbatuh Aiptu I Made Sukartana bersama Pecalang Adat bersinergi melaksanakan pengamanan dan pengawalan kegiatan Pitra Yadnya di Banjar Pering, Kamis/18 Agustus 2022.


Tampak dalam pantuan Personel Polri dalam hal ini Bhabinkamtibmas bersama Pecalang setempat turun ke jalan memberikan pelayanan kepada masyarakat meliputi kegiatan pengaturan lalu lintas dan mengawal rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir.


Tambahan informasi, bahwa Pecalang merupakan bentuk pengamanan tradisional masyarakat Bali yang memiliki peran penting dalam menjaga wilayah adatnya.


"Kolaborasi kami dengan Pecalang dalam hal pengamanan dan Harkamtibmas terjalin sangat baik, Terlebih pada masa Pandemi ini peranan pecalang juga ikut mengingatkan warganya untuk tetap disiplin terapkan Prokes, Ujar Bhabinkamtibmas Sukartana.  *

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama