Karangasem

[Karangasem][bsummary]

Gianyar

[Gianyar][bigposts]

Bangli

[Bangli][twocolumns]

Baznas dan Bupati Distribusikan Bantuan di Kampung Tias

 



Tanjung Selor, anggota Koramil 0903-01/Tpl Babinsa Posramil Tanjung Palas Tengah Sertu Rasdam melaksanakan pendampingan Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Bulungan mendistribusikan hasil pengumpulan zakat, infaq dan sedekah kepada mustahik atau yang berhak menerima zakat di Kampung Tias, Desa Tanjung Buka, Kecamatan Tanjung Palas Tengah pada Kamis (1/9/2022). 


Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si mengungkapkan, zakat membantu pemerintah dalam upaya mengatasi kemiskinan dan kesenjangan sosial.


Baznas menyalurkan zakat kepada 56 mustahik terdiri warga kurang mampu, anak yatim serta untuk biaya pendidikan. Sementara Bupati turut menyerahkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Bulungan berupa 7 unit mesin diesel 24 HP kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Tias Sejahtera dan 10 unit mesin Ketinting 13 HP kepada KUB Putra Tias di Kampung Tias.


“Zakat yang merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam memiliki potensi besar  membantu perekonomian umat,” ujar Bupati yang turut mengikuti kegiatan pendistribusian didampingi Ketua TP PKK Bulungan, Sri Nurhandayani Syarwani serta Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, H Jamaluddin Saleh, S.Pd. 


Seperti diketahui, rukun Islam yang keempat yaitu zakat merupakan kewajiban yang dikeluarkan pada orang yang memiliki kelebihan. Zakat mempunyai keutamaan dan keistimewaan tersendiri, tidak hanya berdimensi ibadah tetapi juga sosial dan ekonomi. Zakat diharapkan mampu mengatasi masalah kemiskinan dan kesenjangan sosial.


“Keberadaan Baznas, unit pengumpul zakat dan terutama para muzakki atau orang yang wajib menunaikan zakat sangat penting untuk bersama-sama pemerintah daerah mengatasi berbagai masalah sosial kemasyarakatan,” terang Bupati. 


Disebutkan, pemerintah sudah melakukan berbagai upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat, namun upaya tersebut tidak sepenuhnya menjadi tanggungjawab pemerintah. Masih diperlukan partisipasi, dukungan dan kerjasama dari seluruh masyarakat, termasuk melalui zakat.


Bupati menyampaikan terima kasih kepada seluruh muzakki di Bulungan yang telah menunaikan kewajiban zakatnya.


“Mudah-mudahan mendapat ganjaran pahala dari Allah SWT dan rezekinya selalu dilipatgandakan oleh Allah SWT,” ucap Bupati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar