Terkini

recentposts

Kasad Pimpin Apel Kesiapsiagaan TNI AD, Pangdam IX/Udayana Laporkan Prajuritnya Siap Sukseskan G20



Denpasar - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI  Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., memimpin Apel Gelar pasukan Kesiapsiagaan TNI AD tahun 2022 dalam rangka menghadapi kontijensi, yang digelar secara serentak di seluruh Kodam/Kotama se Indonesia dan terpusat di Lapangan Silang Monas Jakarta Pusat.


Di wilayah Kodam IX/Udayana, Apel dipimpin langsung oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., yang digelar di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Renon, Kota Denpasar, Provinsi Bali, pada Rabu (26/10/2022).


Dalam amanatnya, Kasad menyampaikan pelaksanaan tugas pokok TNI AD tidak terlepas dalam lingkungan global, regional maupun nasional, yang kompleks serta dinamis, sehingga apel ini memiliki makna yang sangat penting dan strategis sebagai indikator untuk mengukur kesiapsiagaan seluruh satuan TNI AD dalam menghadapi perkembangan situasi atau kontijensi yang mungkin terjadi.


"Apabila setiap satuan dan seluruh prajurit TNI AD memiliki kesiapsiagaan yang mantap, meyakinkan dan optimal, maka akan menjadi jaminan dalam menjaga stabilitas keamanan wilayah Indonesia dengan baik dan kondusif," ujar Kasad.


Lebih lanjut disampaikan Kasad, bahwa TNI AD harus mampu melaksanakan perannya secara maksimal dalam membantu menyukseskan program-program pemerintah dan membantu untuk mengatasi kesulitan masyarakat, kapanpun dan dimanapun berada dan bertugas.


"Oleh karena itu, saya perintahkan kepada seluruh prajurit TNI AD agar tidak pernah ragu untuk melakukan tindakan yang diperlukan, selama tindakan itu terukur dan sesuai prosedur operasional standar (SOP) maupun aturan yang berlaku lainnya," tegas Kasad.


Mengakhiri amanatnya, Kasad mengingatkan Prajurit TNI AD agar memahami tugas pokok TNI AD, pedomani Sapta Marga, Sumpah Prajurit, 8 Wajib TNI dan pegang teguh 7 Perintah Harian Kasad, serta laksanakan tugas dengan baik, tulus dan ikhlas.


"Saya bangga dapat bertatap muka langsung dan berkumpul dengan para prajurit TNI AD. Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh prajurit atas kinerja, kontribusi, dedikasi, serta kerja keras selama ini," pungkas Kasad.


Usai pelaksanaan apel, Kasad menyempatkan diri untuk menyapa seluruh prajuritnya yang mengikuti apel secara virtual di masing-masing Kodam/Kotama. Pada kesempatan tersebut, Pangdam IX/Udayana melaporkan kepada Kasad, bahwa pagi hari ini Kodam IX/Udayana pada gelar pasukan sebanyak 1.503 personel.


"Sementara, personel Kodam IX/Udayana yang siap melaksanakan operasi adalah sebanyak 10.350 orang. Saat ini moril tinggi, dan kami Kodam IX/Udayana siap melaksanakan operasi pengamanan dalam rangka kegiatan Presidensi KTT G20, Praja Raksaka!" tegas Pangdam.


Saat Jumpa Pers dengan media, Pangdam pun juga menyampaikan bahwa Kodam IX/Udayana telah siap melaksanakan pengamanan KTT G20, berbagai latihanpun telah digelar, bahkan pada 7 November mendatang akan digelar latihan TFG tingkat Satgas Pamwil dan Satgas Evakuasi, agar lebih siap dalam melaksanakan tugas pengamanan dan evakuasi dalam perhelatan Presidensi KTT G20.


"Saya menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat yang ada di pulau Bali, mari bersama-sama untuk bertekad menyukseskan perhelatan International Presidensi KTT G20, agar dapat berjalan dengan sukses, aman dan lancar," demikian ajak Pangdam.


Turut hadir dalam apel tersebut antara lain Kasdam IX/Udy, Irdam IX/Udy, Kapok Sahli Pangdam IX/Udy, Danrem 163/WSA, Asrendam IX/Udy, para Pamen ahli Pangdam IX/Udy, Irutum dan Irutben Itdam IX/Udy, para Asisten Kasdam IX/Udy, LO TNI AL dan LO TNI AU Kodam IX/Udy serta para Dan/Ka Balakdam IX/Udy. (Pendam IX/Udy)

Tidak ada komentar: