Terkini

recentposts

Lebih Dekat dengan Dandim 0903/Bulungan, 22 Tahun Mengabdi Untuk Negeri, Penghubung TNI AD-TDRM

  


Tanjung Selor, Letkol Inf Victor Andhyka Tjokro pekan lalu resmi dilantik sebagai Dandim 0903/Bulungan. Ia mengantikan Kolonel Inf Akatoto mendapat jabatan baru sebagai Pamen Ahli Bidang Il Pengtek dan LH Sahli Pangdam XVI/Pattimura.


Pria yang akrab disapa Victor ini memulai karir Akmil 1997. Setelah lulus  2000, ia mendapatlan penempatan pertama di Batalyon Infanteri 611/Awang Long.


Sembilan tahun bertugas mulai Danton III KI A Yonif 611/AWL hingga Dankipan A Yonif 611/AWL. Pria yang berasal dari satuan Staf Teritorial TNI AD (Sterad) mendapatkan penugasan operasi  Pamtas RI-Timor Leste (2004) dan Pamtas RI-Malaysia (2005).


Pria kelahiran Madiun, 03 Mei 1979 ini juga sempat menjadi Pa Ilo TNI Tawau Malaysia Perwira Indonesian Liaison officer (Pa ILO) TNI Tawau-Malaysia selama dua tahun.

Selama bertugas, ia menjadi penghubung antar TNI AD dengan Tentara Diraja Malaysia (TDRM). Setelah itu, suami dari Chrisye Fransina Surentu ini melanjutkan pendidikan di Diklapa II/Infanteri.


Setelah menempuh pendidikan, ia pun mendapatkan penempatan di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) TNI AD yang terbesar dengan luas lahan 43 ribu hektare (ha).


Selama bertugas, menurutnya banyak pengalaman yang tidak pernah dilupakan. Setelah itu, pria yang menyelesaikan pendidikan SI Ilmu Pemerintahan di Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) ini pun melanjutkan pendidikan militer Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) untuk mendapatkan pangkat Letkol.

"Saya mengikuti pendidikan Seskoad kurang lebih satu tahun. Setelah itu, saya menjabat sebagau Kepala Bagian Pendidikan (Kabagdik) Rindam I/BB," ungkapnya.


Setelah itu, ia menjabat Perwira Pembantu Madya Operasi (Pabandya Ops) Sopsdam I/BB. Selama bertugas, menurutnya, banyak pengalaman yang tidak dilupakan. Khususnya pada saat pengamanan acara nikahan anak Presiden.

"Waktu itu saya bagian pengarahan pasukan pengamanan," bebernya.


Sebelum menjabat sebagai Dandim 0903/Bulungan, ia juga pernah menjabat sebagai Dandim 0304/AGAM Rem 032/WBR. "Saya bertugas sebagai TNI AD sudah 22 tahun," tutupnya. (*)

Tidak ada komentar: