Patroli Mitigasi Bencana Polsek Blahbatuh, Pantau DAS Air Terjun Blangsinga



GIANYAR BLAHBATUH-Polres Gianyar dan jajaran sangat atensi melakukan upaya antisipasi menyikapi musim pancaroba akhir-akhir ini.Sebagaimana Polsek Blahbatuh Selasa/18 Oktober 2022 melakukan patroli menyisir Daerah Aliran Sungai (DAS) di sekitar Air Terjun Blangsinga Desa Saba.


Upaya ini merupakan salah satu langkah mitigasi yakni tindakan-tindakan untuk mengurangi atau meminimalkan dampak dari suatu bencana terhadap masyarakat.Peran mitigasi dalam suatu bencana sangat penting. Mitigasi adalah salah satu cara menanggulangi bencana. Kegiatan mitigasi dilakukan untuk mengurangi dan memperkecil akibat terjadinya bencana.


Tampak hadir dalam kegiatan sejumlah Aparat Desa dan Adat, Koramil Blahbatuh dan prajuru setempat guna memantau situasi.Bhabinkamtibmas Saba Aiptu I Ketut Sukana mengatakan bahwa dengan situasi cuaca hujan sejak kemarin menyebabkan jembatan besi di Objek Wisata hanyut terbawa arus namun tidak ada korban dalam kejadian tersebut.


Kapolsek Blahbatuh Kompol I Made Tama membenarkan kegiatan personelnya seraya mengatakan pihaknya tetap bersiaga serta melakukan upaya mitigasi melalui kegiatan Patroli. "Cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini mengharuskan kita untuk lebih waspada, setiap aktifitas hendaknya memperhatikan situasi dan kondisi untuk mencegah dampaknya, ujarnya.


Lebih lanjut dirinya menambahkan bahwa Kewaspadaan agar lebih ditingkatkan serta mengharapkan masyarakat aktif memantau lingkungan yang rawan timbulkan dampak bencana.Masyarakat yang beraktifitas di sekitar pantai agar lebih berhati-hati begitupun ketika berada dirumah agar memeriksa saluran air agar diperiksa kelancarannya, bersihkan dari tumpukan sampah, Pepohonan yang tinggi di sekitar pemukiman sebisanya dipangkas", tandas Kapolsek  ***

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama