Terkini

recentposts

Teladani Akhlak Rasulullah, Pangdam IX/Udayana Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW



Denpasar - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1444 H/2022 M, di Masjid Agung Sudirman, Jalan Slamet Riyadi No.1, Dauh Puri, Kota Denpasar, Provinsi Bali, pada Rabu (19/10/2022).


Dalam sambutannya, Pangdam menyampaikan ucapan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, bahwa Rasulullah SAW dilahirkan ke dunia ini adalah untuk mengubah berbagai hal sesuai dengan syariat Islam. Dengan gigih memperjuangkan perubahan tatanan sosial, hukum dan budaya untuk kesejahteraan umat Islam yang mengedepankan ahlak dan budi pekerti luhur.


"Rasulullah SAW adalah contoh yang terbaik bagi umat manusia, tidak hanya dalam satu bidang saja, tetapi di semua bidang kehidupan, diantaranya dalam berkeluarga, pendakwah, guru, perdagangan dan berbagai bidang lainnya," ujar Pangdam.


Oleh karenanya, Pangdam yakin bahwa sangatlah tepat jika seluruh warga Kodam IX/Udayana sekaligus keluarganya selalu bercermin kepada apa yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, baik dalam pelaksanaan tugas, berkeluarga maupun dalam hidup bermasyarakat. 


"Hilangkan prasangka buruk terhadap sesama agar tidak timbul saling curiga mencurigai, hujat menghujat dan fitnah memfitnah. Tingkatkan selalu kebersamaan, kerukunan serta kekompakan demi menjaga persatuan dan kesatuan," tegas Pangdam.


Melalui Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Pangdam berharap agar dapat dijadikan momentum yang tepat untuk merenungkan keteladanan Rasulullah SAW, sekaligus menjadikan inspirasi agar memiliki mental yang tangguh serta berakhlak mulia dalam menjalani kehidupan dan hubungan sosial kemasyarakatan.


"Selaras dengan tema "Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW dalam Kehidupan Sehari-hari", hendaknya dapat memotivasi seluruh keluarga besar Kodam IX/Udayana untuk terus memperbaiki kualitas dan profesionalisme sebagai kekuatan pertahanan darat di wilayah Bali dan Nusa Tenggara," demikian pungkas Pangdam.


Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian ceramah oleh Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Bali, H. Bambang Santoso S.Pd.I., M.A., yang menyampaikan bahwa bagi seorang mukmin, kecintaan terhadap Rasulullah SAW adalah sebuah keniscayaan, sebagai konsekuensi dari keimanan.


"Kita tanamkan keteladanan Rasul ini dalam keseharian kita, mulai hal terkecil, hingga paling besar, mulai kehidupan duniawi, hingga urusan akhirat. Marilah kita senantiasa meneladani akhlak Rasulullah SAW dalam keseharian kita. Tanamkan pula keteladanan terhadap Rasul ini pada putra-putri kita," pesannya.


Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut dihadiri juga oleh Kasdam IX/Udy, Irdam IX/Udy, Kapoksahli Pangdam IX/Udy, Para Asisten Kasdam IX/Udy, Dan/Ka Balakdam IX/Udy, Kasrem 163/WSA, Personel Bintara, Tamtama maupun PNS se Garnizun Denpasar, serta Ketua dan Wakil Ketua serta Pengurus Persit KCK PD IX/Udy. (Pendam IX/Udy)

Tidak ada komentar: