Terkini

recentposts

Pastikan Taat Asas dan Aturan, Kodam IX/Udayana Terima Tim BPK RI Lakukan Entry Meeting



Denpasar - Kegiatan Pemeriksaan BPK RI atas anggaran Mabes TNI yang disalurkan atau diterima di lingkungan Kodam IX/Udayana merupakan implementasi dari fungsi kontrol dalam siklus manajemen modern untuk mengoptimalkan fungsi sistem dalam suatu organisasi secara baik dan benar.


Demikian diungkapkan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., dalam sambutannya saat acara Entry Meeting Pemeriksaan Badan Pengawas Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) di Satuan Jajaran Kodam IX/Udayana, yang diselenggarakan di Ruang Airlangga Makodam IX/Udayana, Denpasar, pada Senin (5/12/2022).


"Selaku Pangdam IX/Udayana maupun pribadi saya mengucapkan selamat datang kepada Dalnis BPK RI beserta rombongan di Kodam IX/Udayana. Semoga pelaksanaan kegiatan pemeriksaan dari BPK RI di satuan jajaran Kodam IX/Udayana dapat berjalan dengan tertib dan lancar sesuai rencana yang telah ditentukan," ujar Pangdam.


Lebih lanjut disampaikan Pangdam, bahwa kegiatan pemeriksaan ini dimaksudkan untuk memastikan setiap satuan kerja di lingkungan Kodam IX/Udayana sudah memedomani program yang telah ditetapkan, taat asas dan aturan. Mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan dan pertanggung jawaban keuangan, sehingga dapat menghindari terjadinya penyimpangan pengelolaan anggaran yang tidak diharapkan.


"Kehadiran Tim BPK RI ini tentunya akan memberikan koreksi sekaligus masukan terhadap kinerja atas penerapan mekanisme pelaksanaan Program Kerja. Tim BPK RI merupakan mitra kerja yang akan turut membantu meningkatkan kualitas kinerja serta mengeliminir setiap perbedaan pemahaman terhadap penerapan program kerja dan anggaran yang dilaksanakan di Satuan jajaran Kodam IX/Udayana," demikian jelas Pangdam.


Guna membantu kelancaran pelaksanaan pemeriksaan, Pangdam menekankan kepada Obyek Pemeriksaan terutama para pejabat yang mengelola anggaran agar menyambut Tim Pemeriksa dengan baik sesuai norma dan etika serta penuh keterbukaan dalam menyampaikan jawaban dan penjelasan secara rinci, sehingga kegiatan pemeriksaan di satuan wilayah Kodam IX/Udayana mencapai sasaran yang diharapkan.


Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pembacaan Taklimat Awal BPK RI yang dibacakan oleh Pengendali Teknis 1 BPK RI Muhamad Makruf Sipahutar, M.M., Ak., CA., CSFA., kemudian disusul dengan paparan dari Aster Kasdam IX/Udayana dan Paku TNI wilayah Bali Nusra.


Hadir juga dalam acara tersebut diantaranya Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana, Danrem 163/WSA, Aspers Kasdam IX/Udayana, Kakesdam IX/Udayana, Kasrem 161/WS, Kasrem 162/WB, Dandim 1611/Badung, Dandim 1609/Buleleng, Dandim 1610/Klungkung dan Dandim 1617/Jembrana. (Pendam IX/Udy)

Tidak ada komentar: