Divhubinter Polri Jadi Tuan Rumah WG on GTCM

  


Jakarta.-The 1 ASEAN Senior Officiais Meeting on Transnational Crime (SOMTO) Working Group on General Transnational Crime Matters (WG on GTCM) diselenggarakan di Jakarta hari ini (20/3/23). Divisi Hubungan Internasional Polri menjadi tuan rumahnya.



Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen. Pol. Ahmad Ramadhan menerangkan, pertemuan kali ini diselenggarakan dengan format hybrid, dengan mayoritas delegasi hadir langsung di Jakarta, kecuali untuk delegasi Singapura yang mengikuti pertemuan tersebut melalui virtual meeting. Dalam pertemuan ini, para delegasi dapat berdiskusi untuk mencari langkah dan strategi bersama untuk mengatasi berbagai isu kejahatan transnasional di Asia Tenggara yang semakin kompleks.


"Dengan demikian, SOMTC WG on GTCM diharapkan dapat 'memperkuat kerjasama antar-negara ASEAN dalam menghadapi tantangan kejahatan transnasional dan memperkuat integrasi di kawasan Asia Tenggara," ujar Karopenmas, Senin (20/3/23).


Dijelaskan Karopenmas, WG on GTCM merupakan Working Group baru di bawah mekanisme ASEAN yang disepakati pembentukannya oleh negara-negara anggota ASEAN pada 2022. Tujuan pembentukannya, untuk membahas isu-isu kejahatan transnasional diluar dan isu-isu yang sudah dibahas di dalam 5 WG SOMTC lain. 


Sebagai informasi, SOMTC telah membawahi lima working groups pada is counter-terrorism (WG on OT), perdagangan orang (WG on TIP), penyelundupan senjata api (WG on AS), penyelundupan satwa dan kayu ilegal (WG on ITWT), dan kejahatan siber (WG on CC). 


(ay)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama