Wakapolsek Sukawati Hadiri Rapat Koordinasi Rangkaian Pelaksanaan Hari Raya Nyepi Caka 1945 Tahun 2023



Gianyar - Polsek Sukawati, bertempat di Pendopo Kantor Camat Sukawati Wakapolsek Sukawati AKP I MADE MURGAMA mewakili Kapolsek Sukawati dalam rangka menghadiri rapat koordinasi rangkaian pelaksanaan Hari Raya Nyepi Caka 1945. Rabu 8/3/2023.


Terpantau hadir dalam giat dimaksud Camat Sukawati I Gusti Ngurah Udayadnya, Sip. M.M, Ketua MDA (Majelis Desa Adat) Kecamatan Sukawati Drs. I NYOMAN GAMIA M.Pd.H, Ketua PHDI Kecamatan I Nyoman Suwirna, Para Bendesa  Ketua Pecalang, Ketua Yohana, Pakis Piketan Istri, Se Kecamatan Sukawati.


Wakapolsek Sukawati mengatakan, "dalam rapat koordinasi kegiatan rangkaian hari Raya Nyepi membahas seperti yang disampaiakan MDA kegiatan perayaan Hari Raya Nyepi terlaksana sesuai dengan yang sudah berjalan sebelumnya, mulai dari Melasti, Pengrupukan, Sipeng, dan Ngembak agar masyarakat melaksanakan rangkaian Hari Raya Nyepi dengan baik dan benar secara kusuk, melaksanakan Catur Brata Penyepian tanpa adanya gesekan-gesekan yang timbul, mengutip pernyataan MDA."


"Dalam pelaksanaan pengamanan perayaan hari Raya Nyepi Caka 1945, terutama pada pengarakan ogoh-ogoh merupakan rangkaian yang paling rawan kita mengedepankan Bhabinkamtibmas didesa agar selalu menghimbau warganya bersama pemerintahan desa tetap menjaga kodusifitas keamanan wilayah desa, larang anak-anak muda kita mengkonsumsi miras sebelum mengarak ogoh-ogoh, karena bisa memicu gesekan mengarak perkelahian" Ungkap Wakapolsek.


"Pada saat pelaksanaan pengrupukan personel Polsek Sukawati akan mendapat back up dari Polres Gianyar terploting di masing-masing desa sekecamatan Sukawati bersama Bhabinkamtibmas Desa mengamankan di desa tersebut agar betul-betul mejaga situasi tetap kondusif. " Jelas Wakapolsek.


"Yang paling perlu kita awasi yaitu desa-desa yang masih belum menemukan titik temu penentuan tapal batas, sehingga jangan sampai di moment pengarakan ogoh-ogoh digunakan sebagai dasar meruncingnya permasalahan dimaksud" tambah AKP Murgama.


"Mari bersama-bersama saling menjaga keamanan desa masing-masing kita sukseskan perayaan Hari Raya Nyepi, dengan bersinergi dengan petugas Kepolisian, TNi, Pemerintahan Desa dan Adat, Pecalang, dan para Ketua Yowana sami, tutup Wakapolsek.  (*)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama