Wujudkan Keamanan dan Kelancaran Kegiatan Melasti, Kapolsek Payangan Kerahkan Personil Pengamanan



Gianyar - Polsek Payangan, Mewujudkan keamanan dan kelancaran kegiatan melasti warga masyarakat Kecamatan Payangan, Kapolsek Payangan AKP I Nengah Sona, SH. Kerahkan kekuatan Personil melaksanakan Giat pengamanan dengan menempatkan personil di penggal penggal / persimpangan  jalan sepanjang jalur yang dilalui iring-iringan kegiatan melasti/mekiis,  Rabu (5/5).


Kegiatan pengamann melasti / mekiis melibatkan anggota TNI Koramil  Payangan dan Pecalang dari Desa Adat se - Kecamatan Payangan.


Kegiatan melasti bertempat di Pura Tegal Suci Girikusuma, Banjar / Desa Melinggih, Kec. Payangan yang diikuti oleh warga masyarakat Payangan yang terdiri dari  22 Desa Adat se Kecamatan Payangan.


Ramainya warga yang mengikuti kegiatan dimaksud,  sebagai antisipasi kemacetan lalulintas Kapolsek Payangan pun melaksanakan rekayasa arus lalulintas baik yang masuk dari arah Kintamami, maupun masuk dari Arah Denpasar menuju Kintamani / Singaraja.


"Ya, untuk mengurangi kemacetan dilokasi kegiatan melasti, kami melakukan penutupan arus sementara demi keamanan dan kelancaran kegiatan melasti, kami pun melaksanakan rekayasa arus lalulintas dengan mengarahkan kendaraan menggunakan jalur alternatif," ujar Kapolsek Payangan.


Sementara kegiatan melasti itu sendiri merupakan rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1945, dengan tujuan untuk Melebur segala macam kotoran pikiran, perkataan dan perbuatan, serta bagi Pura yang memiliki Pratima atau Pralingga seyogyanya mengusungnya ke tempat patirtan untuk memperoleh air suci.


Nampak kegiatan melasti tersebut dihadiri oleh Anggota DPRD TK I Bali I Made Rai Warsa, S.Sos, Anggota DPRD TK II Gianyar fraksi PDIP I Nyoman Kandel, S.H, I Wayan Suartana, Unsur Muspika Payangan, MDA Kec. Payangan I Ketut Rata, BA, Prajuru  Adat dan Dinas yang ikut Melasti, Pecalang Desa Adat, warga yang ikut Melasti kurang lebih sebanyak 1500 orang.


Wujudkan keamanan kegiatan melasti, Polsek Payangan melibat 33 personil, 

dan Koramil 1616/07 Payangan sebanyak 9 personil, dipimpin langsung Kapolsek Payangan AKP I Nengah Sona, S.H didampingi Danramil Payangan Kapten Inf I Wayan Sudana berkolaborasi dengan Pecalang Desa Adat yang ikut melaksanakan Melasti.


Rangkaian kegiatan melasti Warga Kecamatan Payangan, berakhir pukul 13.30 wita, berjalan aman dan lancar.  (*)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama