Terkini

recentposts

Kegiatan Pendampingan SDM Desa Wisata Bongan Oleh PIB




JAGABALI.COM   Tabanan, Selasa(22/02/2022)-kehadiran pendampingan SDM Desa wisata Bongan yang dilaksanakan Politeknik Internasional Bali sebagai salah satu kampus pariwisata di Bali (www.pib.ac.id), disambut baik oleh perbekel desa Bongan di ruangan perbekel yang dihadiri oleh Yulianda sebagai Direktorat Pengembangan SDM pariwisata perwakilan Jakarta, Kaprodi DIV Pengelolaan Konvensi dan Peristiwa Dwi Novita Cahyaningtyas Permatasari,SIP.,MA.,MBA., CEE, CEM, CEP.,Kepala bagian operasional dan umum Dr.A.A Nyoman Sri Wahyuni,SE.,Msi,Ketua Desa Wisata Bongan I Wayan Suarsa,BBA,dan Ketua LPPM Dinar Sukma Pramesti, S.T.,M.T.


Perbekel Bongan I Ketut Sukarta,SE mengatakan sangat antuias dan berterima kasih kepada Kemenparekraf serta berkat kerjasama dengan Politeknik Internasional Bali yang telah mendampingi dalam mengembangkan Desa Wisata Bongan-Tabanan.


 Pendampingan pertama PIB dilakukan di tahun 2020 lalu dan membawa PIB menjadi harapan II pendamping desa wisata terbaik dari 105 perguruan tinggi di Indonesia. Fokus pendampingan pada pengembangan daya tarik wisata. Tahun 2022 ini PIB kembali mendampingi Bongan dengan fokus pengembangan pada SDM pengelola homestay dan produk kuliner sebagai oleh oleh Khas Desa Bongan


Kegiatan pendampingan SDM dilakukan selama 15 hari dimulai pada tanggal 4 februari 2022 dengan melakukan survey peserta dan permasalahan-permasalahan yang ada untuk perlu dibina kemudian pada tanggal 7-8 februari 2022 memberikan sosialisasi serta praktek mengenai legalitas,making bed, tata ruang, pemasaran, membuat menu makanan dan minuman di homestay. tentang cara-cara  membuat masakan dan minuman. Pelatihan kuliner meliputi pembuatan logo, cara pengurusan ijin, manajemen keuangan, teknik foto, pemasaran dan pengembangan produk roti, biskuit dan mie gonda

Tanggal 9-18 dilanjutkan dengan pendampingan langsung ke lapangan dan monev.


Setelah meninggalkan kantor perbekel Bongan,acara dilanjut dengan survey ke Ola Homestay, G&G Homestay,Guru Made Home Stay, pelaku usaha pembuat sambal, pelaku usaha lengis tanusan prabali, dan pelaku usaha produk teh, roti, biskuit dan keripik berbahan dasar gonda. 


Kegiatan pendampingan SDM Desa Wisata Bongan yang digelar oleh politeknik Internasional Bali(PIB) merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang merupakan kegiatan rutin dosen dan mahasiswa PIB untuk mengamalkan ilmu dan memberikan pelatihan keterampilan bagi masyarakat. Dalam pendampingan Bongan, PIB didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta beberapa mitra kerjasama seperti Yayasan Jimbaran Hijau, INTI Bali, AVB media Asia, Bali Go Live, Institut Desain dan Bisnis Bali, Intitut Pariwisata dan Bisnis Internasional, Sasa, Forkom Dewi.


"Kedepan semoga peserta-peserta pelatihan,pengelola Homestay dan pengelola UMKM bisa terus maju dan membawa Bongan untuk bisa menjadi desa wisata yang lebih berkembang dan mandiri"tutup ketua LPPM.

(AR)

Tidak ada komentar: