Polwan Polres Tabanan Dan Bhayangkari Peringati Hari Kartini Dengan Berbagi Kasih



Tabanan, Kamis 21 April 2022 - Dalam rangka memperingati Hari Kartini tanggal 21 April 2022, dimana seperti kita ketahui bersama bahwa peringatan hari ini adalah untuk mengenang jasa Pahlawan Bangsa R.A. Kartini yang terlahir di Jepara  pada 21 April 1879  , yang saat itu masih dijajah Belanda. Raden Ajeng Kartini merupakan pahlawan bagi perempuan Indonesia yang telah berani memperjuangkan kesetaraan gender pada zaman itu untuk bisa sederajat dengan kaum laki laki. R.A Kartini dikenal dengan pejuang emansipasi wanita.


Peringatan hari Kartini tahun ini oleh polisi wanita (Polwan) Polres Tabanan ,  berkolaborasi dengan Bhayangkari Cabang Tabanan  melaksanakan kegiatan memasak yang diperuntukkan bagi lansia di Panti Werdha, Pada hari Kamis tanggal 21 April 2022.

perwakilan Polwan dan Bhayangkari cabang Tabanan, di hari Kartini ini  memasak berbagai sajian menu untuk 'santap bersama' dengan para lansia. Kegiatan kali ini juga mengandeng Poklahsar Sari Nadi, desa Mandung, Kerambitan - Tabanan.


Kegiatan memasak bagi para lansia di UPTD Pelayanan Sosial dan Perlindungan Perempuan dan Anak, di banjar Wanasara, desa Bongan, Tabanan adalah pertama kalinya dilakukan oleh Polwan dan Bhayangkari cabang Tabanan. Akan tetapi hal ini sangat dirasakan istimewa karena bisa ikut berbagi kasih pada para lansia yang sedang berada di panti Werdha. Bahkan, Ketua Bhayangkari cabang Tabanan, Nyonya Ria Ranefli bersama Wakil Ketuanya Nyonya Vika Doddy dan Senior Polwan Kompol Ni Ketut Seni Paniyanti tampak cekatan mengolah sajian menu berbahan dasar ikan patin tersebut, untuk nantinya bisa menjadi santapan hangat untuk para lansia. 


Kapolsek Selemadeg Timur, AKP Ni Komamg Sri Subakti yang menggagas kegiatan ini mengatakan, kegiatan memasak untuk para lansia di panti jompo ini merupakan salah satu bentuk tanda cinta Polwan di hari Kartini. Kegiatan ini tentunya akan dapat memberikan hikmah dan menjadi renungan ke depan akan mengalami hal serupa menjadi tua. Yang tentunya di masa tua hendaknya menjadi masa bahagia.“Sebelumnya kami juga mengadakan pelatihan pengolahan berbahan ikan patin, mengajak para ibu-ibu mengembangkan ilmu dan pengetahuan untuk menjadi bekal meningkatkan ekonomi keluarga di masa pandemi,” Katanya.


Hal senada juga disampaikan Senior Polwan Polres Tabanan, Kompol Ni Ketut Seni Paniyanti. Menurutnya, lewat kegiatan ini, minimal Polwan selalu bisa memberikan aura positif di tengah –tengah masyarakat, khususnya bentuk perhatian dan kepedulian terhadap orang tua (lansia) di panti werdha. “Kegiatan kecil ini paling tidak bisa menunjukkan niat tulus kami untuk bisa memberikan kebahagian dan aura positif pada para lansia .  ujarnya.


Sementara itu Ketua Bhayangkari cabang Tabanan, Nyonya Ria Ranefli mengaku sangat terharu bisa diberikan kesempatan untuk memberikan kebahagiaan bagi para orang tua yang kini tinggal di panti Werdha. “Ini sebagai wujud syukur, dan sangat bahagia sekali telah diberi kesempatan untuk memberikan masa-masa bahagia pada mereka (lansia) dengan kegiatan yang sangat kecil sekali bentuknya namun artinya yang sangat luar biasa bagi para orang tua di panti, karena mereka sudah jauh dari keluarga, minimal keberadaan kami bisa sedikit menghibur kesepian mereka,”  Kata Ketua Bhayangkari Cabang Tabanan.


Terkait dengan kegiatan memasak oleh Polwan dan Bhayangkari Polres Tabanan, Sekretaris Dinas Sosial Tabanan, Ni Made Murjani mengatakan kegiatan ini sangat luar biasa karena memang sangat dibutuhkan oleh para lansia di panti jompo. “Ini sangat luar biasa sekali bagi kami, dimana saudara kita para orang tua (lansia) yang ada di panti bisa mendapat perhatian dari pihak luar, kalau sudah ada yang menengok seperti saat ini tentunya mereka lebih bahagia dan bisa beradaptasi dengan dunia luar , sehingga mereka merasa berguna,”  ungkap Ni Made Murjani ( Kamis 21/4/2022)


(Humas Polres Tabanan) .

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama