Terkini

recentposts

Kodim 0903/Bulungan Ikuti Kick Off Kolaborasi Percepatan Penurunan Stunting

 



Tanjung Selor, Dandim 0903/Bulungan Kolonel Inf Akatoto, SH didampingi Ketua Persit KCK Cabang XVI Dim 0903/Bulungan Ny Hany Akatoto bersama anggota dan Persit mengikuti zoom meeting yang di laksanakan oleh BKKBN dalam agenda Sosialisasi Cegah Stunting Melalui Kick Off Kolaborasi Mempercepat Penurunan Stunting Tahun Anggaran 2022 bertempat di Aula Makodim 0903/Bulungan Jalan Kolonel Soetadji Tanjung Selor, Senin (8/8/2022).


Kegiatan tersebut dengan tema ''Kolaborasi Demi Anak Negeri Untuk Mewujudkan SDM Unggul Indonesia Maju" berlangsung dari Puri Ardhya Garini, Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur bertemakan.


Dan dihadiri langsung oleh Panglima TNI serta organisasi-organisasi wanita seperti Dharma Pertiwi Kartika Chandra Kirana, Jalasenastri, PIA Ardhya Garini, dan Bhayangkari.


Permasalahan Stunting yang merupakan salah satu bagian dari double burden malnutrition (DBM) mempunyai dampak yang sangat merugikan baik dari sisi kesehatan maupun dari sisi produktivitas ekonomi dalam jangka pendek maupun jangka panjang, sebagai upaya meningkatkan awareness masyarakat, diperlukan satu bentuk kegiatan kolaborasi yang komprehensif dengan mengajak berbagai pihak dan mitra kerja seperti TNI, Polri, tokoh perempuan dan organisasi wanita, yang memiliki pengaruh besar terhadap masyarakat, untuk melakukan sosialisasi, advokasi dan KIE cegah stunting.


Tujuan dari kegiatan ini yakni guna meningkatkan peran TNI dan Polri dalam Percepatan Penurunan Stunting, meningkatkan Cakupan Pendampingan Keluarga Berisiko Stunting, meningkatkan kualitas & kuntitas upaya Pemenuhan Kebutuhan Gizi Pada Balita Stunting, mengoptimalkan Posyandu (TNI & POLRI dan sekitarnya) dalam Intervensi Tumbuh Kembang Balita.


Adapun manfaat yang didapat bagi penerima manfaat yakni secara langsung bagi Keluarga, Keluarga beresiko stunting: Pasangan Usia Subur (PUS), Calon Pengantin, Ibu hamil, dan Ibu Pasca Persalinan, Balita, Baduta, Ibu menyusui, Remaja serta secara tidak langsung bagi TNI, POLRI, Dharma Pertiwi (Persit Kartika Chandra Kirana, Jalasenastri, PIA Ardhya Garini) , Bhayangkari, dan organisasi wanita lainnya.


Dalam kegiatan ini juga akan dilaksanakan peluncuran Buku “Resep Makanan Baduta dan Ibu Hamil untuk Generasi Emas Indonesia” oleh Ibu Prof. DR. (HC). HJ. Megawati Soekarnoputri dan pengukuhan Ketua Umum Dharma Pertiwi dan Ketua Umum Bhayangkari sebagai Bunda Asuh Anak Stunting.

Tidak ada komentar: