Pangdam IX/Udayana Pimpin Sertijab dan Tradisi Laporan Korps Pejabat Kodam dan Korem



Denpasar - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., memimpin Acara Serah Terima Jabatan dan Tradisi Laporan Korps Tiga Pejabat Kodam IX/Udayana, serta beberapa Pejabat Korem Jajaran Kodam IX/Udayana, yang dilaksanakan di Aula Makodam IX/Udayana, Jalan Udayana No. 1, Denpasar, pada Rabu (1/3/2023).


Ketiga jabatan yang diserahterimakan yaitu Kapoksahli Pangdam IX/Udayana dari Brigjen TNI Hardian Achmadi, S.E., M.Tr.(Han)., kepada Brigjen TNI Pranito Dwinarwan, S.I.P., Danrindam IX/Udayana dari Kolonel Inf Togu Parmonangan, S.I.P., M.M., kepada Kolonel Inf Wirawan Eko Prasetyo, S.E., dan Jabatan Katopdam IX/Udayana dari Kolonel Ctp Arief Mushoffak, S.T., kepada Kolonel Ctp I Komang Budi Arhantika.


Selain itu, diserahterimakan juga jabatan Kasrem 162/WB dari Kolonel Inf Lalu Habibburahhim Wiradarma, S.I.P., M.Si., kepada Kolonel Inf Susanto Lastua Manurung, S.I.P., Kasiintel Kasrem 161/WS dari Kolonel Kav Fadjar Wahyudi Broto kepada Kolonel Inf Sentot Dwi Purnomo, Kasiops Kasrem 161/WS dari Kolonel Inf Horas Sitinjak, S.I.P., kepada Kolonel Inf Herwin Rizayan Iszal, S.I.P., M.Si., Kasipers Kasrem 162/WB dari Kolonel Caj Rudi Priyanto, S.E., M.M., kepada Kolonel Inf Arif Munawar, S.E., M.M., Kasilog Kasrem 161/WS dari Kolonel Cpl Budi Utomo, S.E., M.Si kepada Kolonel Inf Suparman, S.Sos., M.Si., serta Dandim 1604/Kupang dari Kolonel Inf Muhammad Iqbal Lubis kepada Letkol Inf Wiwit Jalu Wibowo.


Dalam pelaksanaan Upacara Sertijab didahului dengan Acara Tradisi Laporan Korps Penerimaan Pejabat Baru yaitu melaksanakan penciuman Pataka Kodam IX/Udayana “Praja Raksaka” yang dimaknai bahwa para pejabat baru tersebut telah diterima secara resmi sebagai warga Kodam IX/Udayana.


Dalam amanatnya, Pangdam menyampaikan bahwa pergantian pejabat di lingkungan TNI merupakan bagian dari mekanisme pembinaan organisasi dan personel sekaligus proses regenerasi kepemimpinan, sehingga dapat mendorong semangat pembaharuan dan pola pikir dalam rangka penyegaran, peningkatan kinerja organisasi serta upaya pengembangan karier guna memperoleh pengalaman tugas dan wawasan yang lebih luas. 


Pangdam mengungkapkan bahwa Kodam IX/Udayana mengemban tugas pokok mengamankan kedaulatan negara dan keutuhan wilayah NKRI khususnya di wilayah Bali Nusra dari berbagai bentuk ancaman dan gangguan yang datang dari dalam maupun luar negeri. Untuk itu, setiap Prajurit Kodam IX/Udayana harus mampu berperan serta menjaga situasi wilayah Bali dan Nusa Tenggara agar tetap kondusif.


"Kerjasama dan koordinasi yang baik antar staf serta masukan-masukan yang konstruktif sangat diperlukan guna menentukan kebijakan pimpinan agar tugas dapat terlaksana dengan optimal. Oleh karena itu, kepada para pejabat baru agar segera mempelajari tugas pokok dan menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja. Berikan warna positif yang mampu memotivasi peningkatan profesionalisme berbasis kinerja di staf masing-masing," harap Pangdam. 


Lebih lanjut, Pangdam mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas di Kodam IX/Udayana kepada pejabat baru dan isteri dengan harapan kepercayaan yang telah diberikan oleh Pimpinan TNI AD dapat dilaksanakan dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab. Sementara, kepada pejabat lama beserta isteri, Pangdam mengucapkan terima kasih atas pengabdiannya di Kodam IX/Udayana selama ini. Jadikan pengalaman yang telah didapat sebagai bekal untuk terus berkarya dan berkreasi dalam pengabdian di tempat tugas yang baru.


"Beberapa penekanan yang saya sampaikan agar dipahami, dipedomani dan dilaksanakan, sehingga tugas dan tanggung jawab Kodam IX/Udayana dalam menegakkan kedaulatan negara dan keutuhan wilayah darat Negara Kesatuan Republik Indonesia khususnya wilayah Bali Nusra dapat terlaksana dengan baik," pungkas Pangdam.


Acara Serah Terima Jabatan dihadiri Irdam IX/Udayana, Danrem 163/WSA, Staf Ahli Pangdam IX/Udayana, Asrendam IX/Udayana, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, LO AL, LO AU, para Da/Ka Balak Kodam IX/Udayana dan Ketua, Wakil serta Pengurus Persit KCK PD IX/Udayana. (Pendam IX/Udy)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama