Wakapolres Tabanan Pimpin Apel Gelar Pasukan persiapan Operasi Mantap Brata Agung 2023-2024 Tahapan Kampanye


Tabanan-Pada hari Selasa tanggal 28 November 2023, pukul 07.30 s/d 08.30 wita, bertempat di Lapangan Apel Mapolres Tabanan berlangsung giat Apel Gelar Pasukan yang dipimpin oleh Wakapolres Tabanan Kompol I Gede Made Surya Atmaja Putra, S.Sos, M.H.


Hadir dalam giat tersebut antara lain, Kabag Ops Polres Tabanan Kompol I Nyoman Sukadana, S.H., M.H.,PJU Polres Tabanan, Kapolsek Jajaran Polres Tabanan, Seluruh Personil Polres Tabanan dan ASN Polres Tabanan sebagai peserta Apel Gelar Pasukan persiapan Operasi Mantap Brata Agung 2023-2024 Tahapan Kampanye.


Amanat  Pimpinan  Apel Wakapolres Tabanan Kompol I Gede Made Surya Atmaja Putra, S.Sos., M.H pada intinya menyampaikan Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-nya, pada hari ini kita masih diberikan kesehatan serta kekuatan, untuk dapat melaksanakan "Apel Kesiapan Operasi Mantap Brata 2023-2024" dalam rangka Pengamanan Tahap Kampanye Pemilu Tahun 2023-2024, Apel kesiapan pasukan merupakan bentuk pengecekan kesiapan personel maupun sarpras Operasi Mantap Brata 2023-2024, sehingga pada tahap kampanye pemilu tahun 2023 2024 pelaksanaan operasi diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar, Pemilu tahun 2023 2024 adalah pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi Indonesia dan sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa. Hal ini sebagaimana penyampaian Presiden Joko Widodo bahwa "tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting, menyelenggarakan karena pesta kita demokrasi terbesar dan secara serentak dalam tahun yang sama. Ini pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsa kita, masa depan negara kita". Ucap Wakapolres


Melihat pentingnya hal tersebut, maka seluruh komponen bangsa tentunya harus berpartisipasi penuh guna menyukseskan pemilu tahun 2023 - 2024. terlebih lagi, pemilu tahun 2023 kompleksitas 2024 tersendiri memiliki karena dilaksanakan secara serentak dengan rentang waktu yang berdekatan dan melibatkan jumlah pemilih yang besar. Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini jumlah tps di kabupaten tabanan sudah ditetapkan sebanyak 1.545 tps dengan jumlah dpt sebanyak 372.372 orang. yang terdiri dari 183.119 orang pemilih laki-laki dan 189.253 orang pemilih perempuan, serta jumlah partai peserta pemilu sebanyak 16 partai dari total 17 partai yang ada di Kab. Tabanan dan saat ini juga sudah di tetapkan daftar calon tetap (dct) sebanyak 265 orang yang terdiri dari : 74 orang pada dapil I memperebutkan 10 kursi,53 orang pada dapil II memperebutkan 10 kursi, 57 orang pada dapil III memperebutkan 9 kursi,81 orang pada dapil iv meperebutkan 11 kursi, perlu kita cermati pada pelaksananaan tahapan pemilu serentak 2024 terdapat beberapa kerawanan yang ada pada masing-masing daerah pemilihan (dapil) di Kab. Tabanan, ini memerlukan atensi kita bersama, agar kerawanan yang ada tidak berkembang dan menjadi gangguan nyata yang dapat mengganggu jalannya pemilu serentak 2024.


Inilah objek pengamanan kita pada pergelaran pemilu serentak 2024 pada tahap kampanye, tentunya ini bukanlah hal yang mudah, harus ada sinergitas antara tni-polri dan unsur instansi terkait lainnya serta peran dari masyarakat untuk menciptakan pemilu yang aman dan damai. Pada pelaksanaan operasi mantap Brata Agung 2023 - 2024 tahap kampanye tahun 2023 akan dilaksanakan selama 34 hari di mulai tanggal 28 November 2023 S.D. 31 Desember 2023 serta melibatkan personel sebanyak 320 personel yang teridiri dari 6 satgas yaitu satgas I preemtif, satgas II preventif, satgas III kamseltibcarlantas, satgas IV gakkum, satgas V humas dan satgas VI banops serta para kapolsek dilibatkan sebagai padal pada masing-masing wilayah. Saya harapkan seluruh satgas dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dengan tetap mempedomani kirka intelijen dalam setiap pelaksanaan tugas.


Selain itu, saya juga berpesan kepada seluruh personel yang terlibat dalam sprin operasi mantap Brata Agung 2023 2024 танар kampanye agar dalam bertugas nantinya tetap bersikap humanis, hindari gesekan sekecil apapun dengan masyarakat maupun dengan para peserta pemilu yang ada di Kab. Tabanan. seperti yang kita ketahui di media masa ataupun media sosial beberapa waktu lalu, adanya keberatan terhadap polri yang melaksanakan patroli ke beberapa kantor DPC partai politik. Ini harus menjadi atensi kita bersama, tetap jalin komunikasi yang baik dengan seluruh partai politik, yakinkan kepada mereka bahwa polri tegas bersikap netral dalam Pelaksanaan Pemilu Tahun 2023 2024.


Pada saat kunjungan kerja Bapak Kapolda Bali, beliau menyampaikan beberapa penekanan-penekanan yang yang harus kita atensi bersama yaitu, Para pejabat operasi mantap brata agung 2023 2024 agar mengelola dengan baik manajemen rencana pengamanan berdasarkan konsep asta siap dan potensi kerawanan yang ada,Kelola dengan baik personeL yang kita miliki, karena di tengah pelaksanaan operasi mantap brata ini, pada bulan desember nanti kita juga akan melaksanakan pengamanan hari raya natal dan tahun baru yang tentunya memerlukan kekuatan personel yang tidak sedikit, jangan sampai ada duplikasi personel dalam pembuatan sprin nantinya,Tingkatkan kegiatan preemtif dan preventif baik yang dilakukan oleh jajaran intelijen, samapta maupun binmas. tetap laksanakan monitoring terhadap potensi kerawanan maupun dinamika situasi di lapangan,Jalin kerjasama dan berdayakan unsur keamanan lokal (sipandu beradat dan bankamda) untuk memelihara kamtibmas di wilayah masing-masing tetap kondusif, Segera tindak lanjuti permasalahan sekecil apapun di masyarakat terkait dengan pelaksanaan pemilu. Cooling system harus tetap kita laksanakan untuk mencegah terjadinya polarisasi ekstrem yang dapat memecah belah masyarakat,Memasuki masa kampanye, tetap antensi terhadap dinamika politik yang terjadi di sekitar kita, seperti peristiwa penurunan atau pengerusakan baliho parpol/caleg yang terjadi di beberapa wilayah Bali. jangan sampai peristiwa tersebut terus berkembang menjadi konflik sosial dalam masyarakat tetap jaga komitmen netralitas dalam pelaksaan tugas, jangan terlibat dalam kegiatan politik yang dapat menurunkan kredibelitas dan citra polri,Laksanakan latihan dalmas secara berkala dan berkesinambungan melatih kesiapsiagaan personel untuk dalam menghadapi konflik sosial dan kontinjensi lainnya,Humas agar lebih mengintensifkan kegiatan viralisasi dan amplifikasi kegiatan yang kita laksanakan selama Operasi Mantap Brata Agung 2023 – 2024,Tingkatkan koordinasi dan sinergitas dengan TNI, Pemda, KPU, Bawaslu dan instansi terkait lainnya untuk bersama- sama menyukseskan pemilu tahun 2024, Sesuai dengan arahan Kapolri dalam apel kasatwil 2023 kemarin, kita semua memastikan pemilu tahun 2024 berjalan dengan baik dan lancer, Tetap Jaga Kesehatan Karena tenaga dari rekan-rekan semua sangat dibutuhkan untuk mendukung kelancaran Operasi Mantap Brata Agung 2023-2024, Melalui kesempatan yang baik ini, saya mengajak kita semua untuk bersama-sama mengawasi pelaksanaan tahapan pemilu, khususnya kegiatan kampanye ini sehingga tidak menimbulkan polemik yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas. mari kita jadikan kampanye pemilu sebagai wujud dari pendidikan politik masyarakat yang dilaksanakan secara bertanggung jawab guna meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu. Tegas Wakapolres


Pukul 08.30 Wita kegiatan Apel Gelar Pasukan persiapan Operasi Mantap Brata Agung 2023-2024 Tahapan Kampanye selesai ,Dilanjutkan pembagian Belkes kepada Seluruh Personil yang Tersprin OMB, Selain itu juga diingatkan kembali kepada seluruh personil Polres Tabanan disamping melaksanakan kegiatan Operasi agar Selalu Menjaga Kesehatan Jasmani & Rohani untuk Menunjang tugas tugas  lainnya tetap berjalan dengan lancar.


( Humas Polres Tabanan )

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama