Tingkaktkan Kemampuan Bhabinkamtibmas Dalam Rangka Optimalisasi Pelayanan Masyarakat Melalui Pelatihan.



  

JAGABALI.COM   BULELENG   Untuk meningkatkan  pelayanan Bhabinkamtibmas terhadap  masyarakat, Polda Bali melalui Program Dir Bimmas pada hari ini Jumat (18/2/2022) pukul 09.00 wita bertempat di Gedung Serbaguna Kantor Lurah Banjar Jawa telah melaksanakan kegiatan pelatihan peningkatan kemampuan Bhabinkamtibmas dalam rangka optimalisasi pelayanan kepada masyarakat.


Dalam kegiatan pelatihan peningkatan kemampun Bhabinkamtibmas dihadiri langsung Kapolres Buleleng AKBP Andrian P, S.I.K., S.H., M.Si., yang didampingi Kapolsek Singaraja KOMPOL Dewa Ketut Dharma Aryawan, S.T., M.M., serta Kasat Bimmas AKP KETUT Suparta, S.H., M.H., sedangkan dari Dir Binmas Polda Bali diwakili KOMPOL I Ketut Sukada, S.H., bersama dengan beberapa stafnya. 


Peserta Latihan terdiri dari seluruh Kanit Binmas jajaran Polsek dan perwakilan dari masing-masing Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran sebanyak 30 (tiga puluh ) orang. 


Kapolres Buleleng dalam pelatihan tersebut memberikan apresiasi atas kinerja Bhabinkamtibmas yang sesungguhnya sangat berat karena berhadapan langsung dengan masyarakat yang memiliki karakter yang berbeda-beda, ucapnya.


“ bahkan ada Bhabinkamtibmas pada saat dimutasi sebagai bentuk penghargaan (Reward), Perbekel dan beberapa komponen masyarakat mengajukan kepada Polres Buleleng agar Bhabinkamtibmas yang bersangkutan untuk tetap dipertahankan, dan setelah diberikan penjelasan dengan baik kemudian masyarakat bersedia untuk menerimanya, dan ini membuat saya bangga dan takjub, berarti selama ini Bhabinkamtibmas telah berhasil menyatu dan membina masyarakatnya, usahakan seluruh Bhabinkamtibmas dapat melakukan hal yang serupa berbuat dan melayani masyarakat dengan baik sehingga ada kesan yang bagus dimasyarakat, katanya.


“dan dalam situasi pandemic covid 19, peranan Bhabinkamtibmas sangatlah mulia dan penuh tantangan dimulai dari pelaksanaan tracing, testing hingga treatment sehingga diperlukan komunikasi dan koordinasi yang baik antar instansi yang ada di Desa “, imbuhnya. 

“serta dalam program Sipandu Beradat agar dapat diterapkan dan dilaksanakan didalam setiap permasalahan yang dihadapi di desa, libatkan semua komponen untuk menyelesaikan permasalahan yang ada sehingga permasalahan tersebut tidak lagi ke jalur hukum, dan tetap jaga kesehatan “, harap Kapolres Buleleng kepada seluruh Bhabinkamtibmas. 

 

Disisi lain Kasi Binev Subdit Bahinkamtibmas Polda Bali KOMPOL I Ketut Sukada, S.H., yang mewakili Dir Binmas Polda Bali menyampaikan, bahwa kegiatan peningkatan kemampuan bhabinkamtibmas merupakan salah satu program kegiatan unit Binmas Polda Bali selaku Pembina fungsi yang sudah menjadi rencana kerja tahunan secara khusus peningkatan kemampuan diberikan kepada para bhabinkamtibmas dengan harapan agar para bhabinkamtibmas mampu memerankan tugas dan fungsinya di tengah-tengah masyarakat, ucapnya. 


“ bahwa tugas Bhabinkamtibmas adalah selaku pembina keamanan dan ketertiban masyarakat di desa/kelurahan binaan masing-masing yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, kesadaran dan taat pada aturan serta hukum sehingga terpeliharanya situasi kamtibmas yang kondusif, katanya. 

“ bhabinkamtibmas perlu menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat dan tokoh-tokoh masyarakat baik tokoh adat, agama, pemuda sehingga dapat membangun kepercayaan dari masyarakat”, jelasnya. 


“di samping peningkatan kemampuan yang berkaitan dengan peran dan fungsi bhabinkamtibmas dalam melaksanakan tugas pokoknya sebagai pembinaan keamanan dan ketertiban di masyarakat dalam kesempatan ini pun para bhabinkamtibmas akan diberikan pengetahuan dan pelatihan yang berkaitan dengan laporan kegiatan bhabinkamtibmas sehari-hari Melalui aplikasi Bimas online system (BOS V2)”, tegasnya.

  

“ laporan kegiatan dimaksud merupakan suatu kewajiban seorang bhabinkamtibmas ketika selesai melaksanakan kegiatan untuk melaporkannya, menginput Melalui aplikasi BOS V2 sehingga kedepan bahwa laporan kegiatan dalam aplikasi tersebut dapat dikategorikan merupakan tolak ukur kinerja Bhabinkamtibmas dalam pengertian menginput laporan kegiatan dan merupakan bukti bahwa Bhabinkamtibmas telah bekerja dan sebaliknya sekalipun Bhabinkamtibmas setelah melakukan kegiatan tetapi tidak mengimpor laporan kegiatan maka Bhabinkamtibmas dianggap tidak bekerja, tutupnya.

Tingkaktkan Kemampuan Bhabinkamtibmas Dalam Rangka Optimalisasi Pelayanan Masyarakat Melalui Pelatihan.  Tingkaktkan Kemampuan Bhabinkamtibmas Dalam Rangka Optimalisasi Pelayanan Masyarakat Melalui Pelatihan. Reviewed by angkringan on Februari 18, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar