Polres Tabanan Peringati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022 Dengan Tetap Kedepankan Prokes



Tabanan - Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober 2022 di Polres Tabanan diperingati dengan melaksanakan upacara yang dipimpin Waka Polres Tabanan. Seijin Kapolres Tabanan AKBP Ranefli Dian Candra, S.I.K., M.H.,   Wakapolres Tabanan Kompol Doddy Monza, S.I.K., M.Si, M.I.K., bertindak selaku inspektur upacara. Kegiatan upacara  berlangsung pada hari Sabtu tanggal 1 Oktober 2022 pukul 08.30 Wita.


Upacara diikuti oleh Pejabat utama , Perwira, Brigadir dan PNS Polres Tabanan. Adapun tema peringatan hari kesaktian Pancasila kali ini adalah "Bangkit Bergerak Bersama Pancasila". Pelaksanaan kegiatan upacara berlangsung dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan (prokes) memakai masker dan menjaga jarak satu dengan lainnya.


Dalam upacara tersebut diisi dengan agenda utama berupa Pembacaan Teks Pancasila, Pembukaan UUD 1945 dan Pembacaan Ikrar Kesaktian Pancasila. Seperti kita ketahui bersama bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini adalah merupakan momentum bersejarah bagi Bangsa Indonesia. Berdasarkan Keputusan Presiden No. 153 Tahun 1967,  memutuskan bahwa tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia. Momentum bersejarah tersebut karena Pancasila sebagai Ideologi Bangsa, Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia beberapa kali mengalami cobaan, rongrongan dari ideologi lain yang ingin menggantikan falsafah Bangsa tersebut.  Namun Pancasila sebagai Pemersatu Bangsa dan sebagai pandangan hidup Bangsa tetap kokoh. 


(Humas Polres Tabanan)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama