Polres Bandara Ngurah Rai Gelar Latkatpuan Fungsi Samapta

 


Polres Bandara- Polres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai melalui Bagian Sumber Daya Manusia (Bag SDM) menggelar Pelatihan Peningkatan Kemampuan Fungsi (Latkatpuan) Samapta yang dilaksanakan di Ruang Rapat Utama Mapolres Bandara, jumat (12/5/2023).


Kegiatan Latkatpuan Fungsi Samapta ini dilaksanakan selama sehari diikuti oleh seluruh Anggota Satuan Samapta sedangkan sebagai pemateri disampaikan oleh Kasat Samapta Iptu I Gusti Made Alit Kastawan. 


Dalam pemaparannya, Kasat Samapta menyampaikan materi mengenai Tugas Pokok Polri seperti yang terkandung di dalam Undang-Undang Kepolisian Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2002.


"Khususnya pada Pasal 13 yang menyatakan Polri sebagai Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (harkamtibmas) adalah sebagai upaya dalam pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban masyarakat khususnya didaerah hukum Polres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai, sehingga tercipta situasi aman, kondusif dan nyaman bagi masyarakat pengguna jasa di Bandara I Gusti Ngurah Rai,"ucapnya.


Kemudian menegakkan hukum sebagai  proses dilakukannya upaya untuk tegaknya atau berfungsinya norma-norma hukum secara nyata sebagai pedoman perilaku atau hubungan-hubungan hukum dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, yang secara khusus penegakan hukum melalui Tindak Pidana Ringan (Tipiring).


Selanjutnya memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dengan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat melalui kegiatan Kepolisian.  


Kasat Samapta Alit Kastawan juga menyampaikan kegiatan patroli yang selama ini sudah dilaksanakan supaya lebih ditingkatkan lagi dengan bersama-sama personil dari instansi lainnya melalui kegiatan patroli terpadu sehingga selalu tercipta situasi kondusif di Bandara I Gusti Ngurah Rai.


Seijin Kapolres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai AKBP Ida Ayu Wikarniti, S.E., Kabag SDM AKP I Nyoman Arnaya, S.H. selaku penyelenggara kegiatan mengatakan Latkatpuan masing-masing fungsi ini sudah berlangsung dari hari senin yang lalu dan rencananya akan dilaksanakan selama seminggu. 




"Sebagai pemateri dan peserta dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang di telah di berikan kepada masing-masing satker,"ucapnya.


Pihaknya berharaf, kegiatan Latkatpuan ini dapat meningkatkan kemampuan, kecakapan dan kemahiran personil dalam tugasnya sebagai anggota Polri serta semakin profesional dalam mengemban tugasnya masing-masing. (hum23)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama