Kapolres Klungkung Pimpin kegiatan rapat koordinasi kesiapan pengamanan Hari Raya Nyepi tahun baru Caka 1945 tahun 2023



Bali - Bertempat di Aula Jalaga Dharma Pandapa Polres Klungkung telah dilaksanakan kegiatan rapat koordinasi kesiapan pengamanan Hari Raya Nyepi tahun baru Caka 1945 tahun 2023 yang dipimpin oleh Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta, S.I.K., S.H., M.K.P. didampingi Kabag Ops Polres Klungkung Kompol I Ketut Suastika,S.H., bersama PJU dan Kapolsek Jajaran Polres Klungkung, Pada Selasa, 14/3/2023


Dihadiri oleh  Danramil 1610 - 01 Klungkung yang mewakili Dandim 1610 Klungkung, Kadis Perhubungan Kab. Klungkung, Kadis Kesehatan Kab. Klungkung, Kadis Kebudayaan Kab. Klungkung, Kepala Kantor Kementrian Agama Kab. Klungkung, Perwakilan Satpol PP Kab. Klungkung, Kepala PLN Area Bali Timur, Ketua DPP Orari Lokal Klungkung, Ketua Rapi wilayah Klungkung,Ketua MDA Kab. Klungkung, Ketua MDA Kecamatan Klungkung, Dawan, Banjarangkan, Nusa Penida, Perwakilan FKUB Kabupaten Klungkung, Manggala Pasikian Pecalang Kabupaten klungkung, Manggala Pasikian Pecalang Kecamatan Klungkung, Dawan, Banjarangkan, Nusa Penida, Kepala Kampung Muslim di Kabupaten Klungkung atau yang mewakili dan undangan yang hadir kurang lebih 40 orang.

 

Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta, S.I.K., S.H., M.K.P. mengucapkan terimakasih atas kehadiran seluruh tamu undangan dalam Rapat kordinasi kesiapan pengamanan Hari Raya Nyepi tahun baru Caka 1945 tahun 2023, dengan tujuan mengkoordinasikan langkah langkah yang akan dilakukan dalam pengamanan rangka hari raya Nyepi atau Harkamtibmas yang sehubungan juga umat Muslim mengawali bulan puasa dan mengawali sholat tarawih pertama.


Disamping itu juga Polres Klungkung telah menyiapkan langkah langkah pengamanan, dan menerima masukan dari para stakeholder terkait dalam menyempurnakan upaya pengamanan dan Berkaitan dengan kesiapsiagaan personil Polres Klungkung di Mako Polres Klungkung maupun Polsek Klungkung saat hari Raya Nyepi, bilamana ada hal yang perlu dikomunikasikan dan merespon kecepatan agar menggunakan Layanan 110. Ucap Kapolres Klungkung


Untuk Kegiatan melasti di wilayah pantai Kabupaten Klungkung agar dilaksanakan pengamanan dari Kepolisian dan bersinergi dengan pecalang agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan aman dan lancar.


Kabag Ops Polres Klungkung Kompol I Ketut Suastika,S.H., menyampaikan terkait  metode pengamanan rangkaian kegiatan masyarakat menyambut hari Raya Nyepi yaitu Melasti, Pengerupukan dan Perayaan Nyepi  Agar surat himbauan dari Kementerian Agama dan surat dari MDA dan PHDI terkait perayaan Nyepi agar dilaksanakan secara bersama sama.


Ketua MDA Kab. Klungkung dalam rapat koordinasi kesiapan pengamanan Hari Raya Nyepi tahun baru Caka 1945 tahun 2023 memberikan masukan bahwa agar mengedepankan Sipandu Beradat dalam langkah pengamanan rangkaian hari Raya Nyepi. Untuk persiapan kegiatan melasti telah berkoordinasi dan menyiapkan pemangku untuk melayani masyarakat pemedek yang Melasti di wilayah Kabupaten Klungkung. Sedangkan kegiatan pengarakan Ogoh Ogoh dapat dimulai setelah selesai kegiatan pecaruan di masing-masing Desa Adat agar diatur dengan tertib.


Diakhir acara Kapolres Klungkung menambahkan Agar melakukan langkah langkah preventif terkait kerumunan dan minum minuman keras agar dihimbau sehingga tidak menimbulkan gangguan keamanan dan lakukan Pemetaan adanya potensi konflik antar  perorangan di masing-masing wilayah agar tidak sampai melibatkan kelompok maupun warga Banjar.Imbuhnya  (*)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama